Kompas.com - 30/05/2022, 06:02 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Sebagai salah satu organ yang sangat penting bagi tubuh, jantung perlu dijaga dan dirawat kesehatannya agar kita dapat terhindar dari berbagai penyakit kardiovaskular yang mematikan.

Seperti yang kita ketahui bahwa olahraga dan diet yang baik merupakan beberapa cara yang mampu membantu kita untuk menjaga kesehatan jantung.

Tapi, menurut ahli bedah kardiotoraks, Dr Marc Gillinov, MD, sebenarnya masih ada cara lainnya yang perlu kita perhatikan dan tentu saja terapkan setiap hari untuk dapat menjaga kesehatan jantung supaya lebih kuat.

Nah, dilansir dari laman Cleveland Clinic, Dr Gillinov pun merekomendasikan lima hal utama yang perlu kita lakukan setiap hari untuk membantu jantung bekerja secara efisien sebagai berikut.

1. Makanlah lemak sehat, bukan lemak trans

Kita membutuhkan lemak dalam makanan kita, termasuk lemak jenuh, lemak tak jenuh, serta lemak tak jenuh ganda.

Satu lemak yang tidak kita butuhkan adalah lemak trans.

Lemak trans merupakan lemak yang diproduksi oleh industri yang sering digunakan dalam makanan yang dipanggang dalam kemasan, makanan ringan, margarin, dan makanan cepat saji yang digoreng untuk menambah rasa dan tekstur.

Lemak ini juga diketahui dapat meningkatkan risiko kita terkena penyakit jantung atau mengalami stroke seumur hidup.

Hal itu disebabkan karena lemak trans dapat menyumbat arteri kita dengan meningkatkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan menurunkan kadar kolesterol baik (HDL).

Jadi, dengan mengurangi lemak trans dari diet kita sehari-hari, maka kita bisa meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh.

Baca juga: Ketahui, 5 Makanan Populer yang Tinggi Lemak Sehat

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.