Kompas.com - 31/05/2022, 11:26 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.comMarshanda belum lama ini membagikan kabar terbaru soal kondisi kesehatannya.

Melalui kanal YouTube-nya, MARSHED, dia tengah menjalani pengobatan ke Singapura untuk mengatasi tumor payudara yang diderita setahun belakangan.

"Jadi, gue bukan tipe pasrah nggak ngapa-ngapain, enggak gitu. Makanya ke Singapura karena aku mau berjuang," kata ibu satu anak ini dalam sebuah video di akun YouTubenya.

Mengenai penyakit yang diderita Marshanda, kanker dan tumor payudara itu tidak sama. Berikut perbedaan antara keduanya.

Baca juga: Marshanda Idap Tumor Payudara, Ini Bedanya dengan Kanker Payudara

Ciri-ciri tumor payudara

Melansir Nationalbreastcancer, Selasa (31/5/2022), tumor payudara adalah kondisi pasien terdapat benjolan atau sel abnormal yang terbentuk di bagian payudara.

Dalam banyak kasus, tumor merupakan jaringan padat yang tumbuh memengaruhi tulang, kulit, jaringan, kelenjar dan organ, termasuk payudara.

Jika memiliki tumor, maka itu belum tentu menjadi kanker. Pasalnya tumor dapat dibedakan menjadi dua jenis, yaitu tumor jinak dan ganas.

Ketika tumor masih jinak, dokter biasanya akan membiarkannya untuk pulih sendiri atau dengan pengobatan tertentu yang bukan operasi. Sebab, tumor jinak tidak bersifat agresif terhadap jaringan sekitarnya.

Tumor jinak biasanya juga terasa kenyal dan lunak ketika bagian itu diraba. Kondisi ini berbeda dengan gejala kanker payudara yang rata-rata konsistensinya terasa keras dan padat ketika dideteksi.

Beberapa kasus tumor jinak terkadang pertumbuhannya juga cukup pesat, menekan jaringan lain dan menyebabkan rasa sakit.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.