Kompas.com - 12/06/2022, 06:45 WIB

KOMPAS.com - Sebuah studi baru menunjukkan bahwa kadar kolesterol dalam kopi dapat dipengaruhi oleh proses pembuatannya.

Dalam studi yang diterbitkan di jurnal Open Heart tersebut, ditemukan bahwa espresso memiliki kadar kolesterol total yang lebih tinggi. Efeknya pun lebih kuat pada pria dibanding wanita.

Alasannya, kopi mengandung bahan kimia bernama cafestol dan kahweol, yang dikaitkan dengan kadar kolesterol "jahat" LDL yang lebih tinggi.

Sementara itu, kopi French press atau kopi plunger memiliki kandungan senyawa peningkat kolesterol yang lebih tinggi dibanding filtered coffee.

Dalam espresso, senyawa tersebut ditemukan dalam jumlah menengah, meski data terkait asupan minuman ini dan kadar kolesterolnya masih terbatas.

Baca juga: Jaga Kadar Kolesterol, Perhatikan Kebiasaan Makan Kita

Untuk menentukan apakah meminum espresso memengaruhi kadar kolesterol seseorang, para peneliti di Norwegia memantau data dari lebih dari 20.000 orang berusia di atas 40 tahun.

Hasilnya, ditemukan peserta yang minum tiga sampai lima cangkir espresso setiap harinya mengalami peningkatan kolesterol total lebih tinggi dengan efek lebih besar pada pria.

Minum enam cangkir kopi seduh atau lebih setiap hari dikaitkan dengan peningkatan kolesterol total pada wanita dan pria.

Lalu, meminum enam atau lebih cangkir filtered coffee setiap hari hanya dikaitkan dengan kadar kolesterol total yang lebih tinggi pada wanita, tetapi tidak pada pria.

Tips minum kopi namun kadar kolesterol tetap terjaga

Hasil temuan di atas mungkin akan membuat ngeri para pecinta kopi.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.