Kompas.com - 28/06/2022, 13:50 WIB

KOMPAS.com - Wabah cacar monyet dapat menular melalui kontak erat dengan orang yang terinfeksi.

Gejala umum yang muncul di antaranya demam, nyeri, pembengkakan kelenjar getah bening dan ruam yang berubah menjadi lesi.

Organsisasi Kesehatan Dunia (WHO) mencatat, sejumlah kasus dari wabah tersebut kebanyakan bisa pulih sepenuhnya tanpa pengobatan.

Akan tetapi, risikonya bisa jadi berbeda ketika cacar monyet menginfeksi bayi, anak kecil dan ibu hamil yang bisa memicu gangguan cukup serius.

Ketiga kelompok tersebut dikatakan sebagai kelompok rentan, karena ada faktor seperti imunitas yang belum cukup kuat dalam melawan infeksi.

"WHO menyebut ada konsekuensi buruk bagi ibu hamil dan bayi jika mereka terinfeksi."

"Termasuk cacar monyet bawaan (bisa menurun ke anak), risiko keguguran, atau meninggal di dalam kandungan," kata Dr. Edward Morris, President Royal College of Obstetricians and Gynaecologistics, seperti dilansir News Week, Selasa (28/6/2022).

Baca juga: Gejala dan Cara Penularan Cacar Monyet yang Menginfeksi Ribuan Orang

Risiko keguguran dan kematian janin

Nyeri ligamen bundar selama kehamilan Nyeri ligamen bundar selama kehamilan

WHO melalui artikel yang diterbitkan Ultrasound in Obstetrics & Gynecology menyebut bahwa sejumlah panduan bagi kelompok rentan perlu memerhatikan beberapa risiko yang mungkin ditimbulkan.

Pada artikel itu disebutkan bahwa cacar monyet dapat ditularkan ke bayi yang belum lahir melalui plasenta, yang mengarah pada cacar monyet bawaan, atau melalui kontak erat saat melahirkan atau setelahnya.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber News Week
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.