Kompas.com - 29/06/2022, 20:36 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Jam tangan dengan fitur GMT umumnya memiliki nilai yang tidak murah.

Kita ambil contoh BR 05 GMT keluaran pembuat jam Bell & Ross. Jam tangan yang baru dirilis di bulan Juni itu dibanderol seharga Rp 81,1 juta.

Masih banyak jam tangan GMT lain yang dilepas dengan label harga yang fantastis, termasuk TAG Heuer Autavia GMT yang dilepas untuk merayakan ulang tahun seri Autavia ke-60.

Mengapa jam tangan GMT bernilai tinggi di pasaran?

GMT merupakan singkatan dari Greenwich Mean Time, bujur geografis nol derajat yang terletak di Greenwich, Inggris dan dijadikan patokan pembagian waktu di Bumi.

Mereka yang menggunakan jam tangan GMT rata-rata adalah orang-orang atau pilot yang sering melakukan penerbangan antar benua.

Dengan fitur tersebut, pengguna dapat mengetahui dua zona waktu yang berbeda berkat satu hand atau jarum tambahan pada dial.

Bagi pilot, jam tangan GMT akan memudahkan mereka dalam mengatur jadwal penerbangan.

Biasanya, pembuat jam tangan GMT juga memberikan bezel yang dapat diputar (rotating bezel), yang menampilkan skala waktu 24 jam.

Fungsi jarum tambahan pada dial tadi adalah untuk menunjukkan waktu pada skala 24 jam di bagian bezel.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.