Kompas.com - 08/08/2022, 21:00 WIB

KOMPAS.com - Kita dapat mengonsumsi makanan-makanan tertentu untuk membantu memperlambat penuaan.

Penuaan memang dikhawatirkan sebagian orang, baik pria maupun wanita, karena kondisi ini dapat memengaruhi penampilan fisiknya.

Bertambahnya usia membuat mereka yang awalnya memiliki kulit kencang dan merona, bisa berubah menjadi kendur dan keriput.

Baca juga: 3 Kebiasaan Berolahraga yang Bisa Mempercepat Penuaan, Apa Saja?

Bahkan rambut yang dulunya lebat dan hitam dapat menyebabkan orang-orang tidak pede karena uban mulai bermunculan di kepala.

Maka dari itu, penting untuk mengetahui cara-cara untuk memperlambat penuaan supaya kita bisa mencegahnya sebelum usia 50-an.

Makanan yang bantu memperlambat penuaan sebelum 50 tahun

Walau penuaan merupakan kenyataan yang tidak dapat dihindari, makanan-makanan berikut ini ternyata bisa membantu memperlambat prosesnya.

1. Buah beri

Dilansir dari Eat This, ahli diet terdaftar Sydney Greene, RDN mengatakan beri merupakan sumber antioksidan yang kuat untuk menangkal radikal bebas.

Radikal bebas adalah salah satu faktor yang mendorong penuaan dan menyebabkan bintik, kerutan, dan kulit kering dan kusam.

Antioksidan memang dikenal karena sifat antipenuaannya. Molekul dan vitamin ini melindungi sel dari kerusakan akibat radikal bebas.

2. Selada air

Selada air merupakan sayuran kaya beta karoten, yang kandungannya empat kali lebih tinggi ketimbang apel.

Halaman:
Sumber Eat This


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.