Kompas.com - 30/06/2022, 16:32 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Selama ini kita tahu bahwa kebiasaan makan sehari-hari memainkan peran yang penting dalam membantu tujuan penurunan berat badan dan memperlambat proses penuaan.

Tetapi, di samping makanan, hal lain yang perlu dipertimbangkan untuk menurunkan berat badan dan memperlambat penuaan adalah dari apa yang kita minum.

Sebab, cairan yang masuk ke dalam tubuh kita bisa saja menjadi nutrisi baik dan sebaliknya bisa juga menyebabkan penurunan kualitas kesehatan, seperti minuman yang mengandung pemanis buatan dan sebagainya.

Nah, untuk mengetahui kebiasaan minum yang lebih baik, simak beberapa rekomendasi berikut ini.

1. Hindari minuman yang mengandung pemanis buatan

Sementara banyak orang mungkin berasumsi bahwa tidak apa-apa untuk sering minum diet soft drink, tapi penelitian menunjukkan bahwa minuman ini sama sekali tidak baik.

Sebuah studi yang diterbitkan pada tahun 2016 menemukan bahwa penggunaan pemanis rendah kalori dikaitkan dengan berat badan yang lebih berat, pinggang yang lebih besar, dan insiden obesitas perut yang lebih besar.

"Studi lain terhadap orang dewasa yang lebih tua di San Antonio, dari latar belakang Meksiko-Amerika dan Eropa-Amerika, melaporkan bahwa mereka yang minum diet soft drink memiliki lingkar pinggang tiga kali lebih banyak daripada mereka yang tidak," kata ahli diet, Deborah Rankin, RD.

Baca juga: 7 Hal yang Terjadi Saat Berhenti Mengonsumsi Pemanis Buatan

2. Batasi porsi besar jus buah

Kita memang bisa mendapatkan beberapa nutrisi bermanfaat dari jus alami tanpa tambahan gula.

Tetapi, banyak jus di pasaran saat ini penuh dengan gula.

Beberapa cangkir jus bisa mengandung 20 gram gula atau lebih banyak daripada secangkir soft drink.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Sumber Eat This


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.