Kompas.com - 13/08/2022, 21:00 WIB

KOMPAS.com - Sebagai salah satu negara tropis, Indonesia memiliki tingkat paparan sinar matahari yang lebih tinggi, meski di daerah berudara sejuk sekali pun.

Paparan sinar matahari yang tinggi ini pada akhirnya bisa menimbulkan berbagai masalah kulit seperti kulit kusam, kering, dan warna kulit jadi tidak merata atau belang.

Menurut dokter spesialis kulit di Eons Skin Clinic, Dr Leni Kumalasari, DiplAAAM, rata-rata orang Asia memiliki kulit yang lebih tipis.

Kondisi ini menjadikan orang Asia lebih mudah mengalami hiperpigmented dan belang ketika terkena matahari.

Baca juga: Takut Kulit Belang, Laudya Cyntia Rajin Pakai Tabir Surya

Jika kulit belang dan kering ini dibiarkan, bukan hanya dapat merusak penampilan, tapi juga lapisan kulit yang lebih dalam lagi.

"Ciri-ciri kulit sehat itu salah satunya harus kenyal, lembap, rosy glow atau kemerahan, dan yang terakhir adalah kulitnya lebih glowing, serta tidak kusam."

Demikian diterangkan Leni dalam acara Shinzui Spacation di Onsen Resort Batu, Jawa Timur, Kamis (11/8/2022) kemarin.

"Untuk itu, ada beberapa cara yang dapat dilakukan dalam menjaga kulit tetap sehat ketika terpapar sinar matahari di luar ruangan," ujar dia.

Merawat kulit belang

Shinzui perkenalkan beberapa produk body care yang mengandung herba matsu oil dalam acara Shinzui Spacation di Onsen Resort Batu, Jawa Timur, Kamis (11/8/2022).Shinzui Shinzui perkenalkan beberapa produk body care yang mengandung herba matsu oil dalam acara Shinzui Spacation di Onsen Resort Batu, Jawa Timur, Kamis (11/8/2022).
Leni menyebutkan tiga langkah untuk mengatasi masalah kulit belang dengan merawat diri.

Pertama adalah menggunakan sabun, kemudian dilanjutkan dengan eksfoliator, dan yang terakhir adalah body lotion.

Baca juga: Mengenal Perawatan Kulit Wajah Slugging dan Cara Melakukannya

"Eksfoliator itu salah satunya scrub yang termasuk eksfoliator mekanik dan untuk eksfoliator tidak boleh dilakukan setiap hari karena eksfoliator itu adalah mekanik yang kasar," kata dia.

Dengan bantuan eksfoliator yang dapat mengelupaskan sel-sel kulit mati, kulit yang belang biasanya akan kembali merata dalam 14 hari atau sekitar dua minggu.

Namun, dia menyarankan penggunaan body scrub hanya 2-3 kali seminggu.

Bagi yang kulitnya sangat kering, body scrub hanya boleh digunakan 1-2 kali seminggu untuk mencegah iritasi kulit.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.