Kompas.com - 18/08/2022, 06:06 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Ada banyak anggapan mengenai kanker prostat. Salah satunya manfaat dari berhubungan seks dikatakan dapat menurunkan risiko kanker prostat tersebut. Benarkah?

Manfaat hubungan seks dalam mencegah kanker prostat ini sebelumnya telah diteliti banyak ilmuwan dan selalu berkaitan dengan proses ejakulasi.

Seperti pada sebuah studi di tahun 2016 yang mengungkapkan bahwa pria yang ejakulasi setidaknya 21 kali dalam satu bulan, maka risiko kanker prostat berkurang 20 persen.

Risiko tersebut jauh lebih rendah dibandingkan mereka yang ejakulasi empat hingga tujuh kali dalam periode yang sama.

Penelitian tersebut melibatkan hampir 32.000 pria yang ditinjau soal kebiasaan ejakulasi mereka selama dua dekade.

Pada dasarnya, studi ini merupakan penyempurnaan dari hasil penelitian pada tahun 2004 yang mengulas tentang seks dan risiko kanker prostat.

Sebelumnya diketahui, pria yang terlalu sering berhubungan seks berisiko tinggi menderita kanker prostat karena adanya stimulasi hormon tertentu.

Kemudian hasil penelitan tersebut dipatahkan dan telah dibetulkan dengan fakta terbaru pada penelitian di tahun 2016.

Baca juga: Sering Ejakulasi Turunkan Risiko Kanker Prostat, Benarkah?

Hubungan antara seks dan ejakulasi

Ilustrasi cuddling bersama pasangan dan berhubungan seksUnsplash Ilustrasi cuddling bersama pasangan dan berhubungan seks

Berhubungan seks bagi kaum Adam memiliki banyak manfaat. Semua itu berkaitan dengan proses ejakulasi yang dapat memengaruhi kondisi tubuh baik secara fisik dan mental.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.