Kompas.com - 18/08/2022, 10:40 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Setiap wanita tentunya akan mengalami perubahan bentuk dan ukuran payudara, sebelum maupun sesudah menyusui.

Untuk mempersiapkan menyusui, jaringan payudara dan kelenjar penghasil susu biasanya akan membesar dan menjadi lebih penuh.

Dan setelah selesai menyusui, payudara akan menyusut kembali ke ukuran sebelumnya.

Setelah menyusui, kita mungkin mulai menyadari bahwa payudara akan menjadi lebih lembut dan kurang penuh daripada saat menyusui, sehingga terlihat lebih kendur.

Sejauh mana payudara bisa kembali ke ukuran atau bentuk sebelum menyusui tergantung pada banyak faktor, termasuk usia, kenaikan berat badan selama kehamilan, dan bahkan genetika.

Selain itu, jika kita pernah menjadi perokok, kulit kita mungkin memiliki elastisitas yang kurang dan karenanya rentan untuk mengendur.

Baca juga: 5 Tips Memperbesar Payudara Tanpa Operasi

Mengencangkan payudara setelah menyusui

Tetapi, meskipun keadaan seperti usia dan genetika berada di luar kendali kita, masih ada sejumlah cara yang dapat kita lakukan untuk membantu mengencangkan kembali payudara.

Dilansir dari laman Flo Health, dokter spesialis obstetri dan ginekologi (obgyn), Dr Anna Targonskaya, MD, pun membagikan beberapa tipsnya sebagai berikut.

1. Memakai bra yang tepat untuk mengencangkan payudara

Pastikan payudara kita tetap terdukung dengan baik melalui perubahan kehamilan yang tak terelakkan dengan memilih ukuran bra yang tepat.

Memakai bra yang tidak pas, terutama ketika kita aktif secara fisik, dapat menyebabkan rasa sakit dan cedera.

Halaman:
Sumber Flo Health


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.