Kompas.com - Diperbarui 25/09/2022, 06:40 WIB

KOMPAS.com - Kata “steril”, “sterilisasi”, atau “kebiri” tentu sudah menjadi kata yang akrab di telinga para pemilik kucing.

Sterilisasi pada kucing jantan adalah salah satu prosedur untuk mencegah kucing peliharaannya memiliki keturunan terlalu banyak.

Selain itu, biasanya para pemilik kucing memutuskan untuk melakukan sterilisasi  dengan tujuan mencegah kucing jantannya “menandai wilayah” alias buang air sembarangan.

Baca juga: Cara Merawat Kucing Anggora agar Sehat dan Berbulu Cantik

Namun, selain beberapa alasan di atas, sebenarnya ada manfaat sterilisasi yang lain, mulai dari membuat anabul lebih tenang sekaligus manfaat kesehatan lainnya.

  • Alasan kesehatan

Steril kucing bisa mengubah karakternya menjadi lebih tenang, mengontrol populasi sekaligus solusi untuk penyakit tertentu seperti pyometra sehingga lebih sehat.

Penjelasan ini disampaikan dokter hewan di Klinik Hewan Ozora Bandung, Fauzi Rohman dalam perbincangan dengan Kompas.com, Rabu (24/8/2022).

Dijelaskan, pyometra adalah penyakit yang menyerang kucing betina, di mana rahim menjadi bernanah hingga bisa menyebabkan kematian.

Untuk itu, sebaiknya pula kucing betina segera disteril sebelum penyakit ini terjadi.

  • Usia kucing

Kendati demikian, usia kucing pun harus diperhatikan sebelum kita memutuskan untuk melakukan sterilisasi.

Baca juga: Mengenal Kucing Anggora, Harta Karun dari Turki

Sebab, ada batasan umur dan berat badan bagi kucing yang akan disteril, yaitu telah minimal berusia lima bulan dan berat badannya sudah mencapai 1,5kg, dengan umur maksimal 15-19 tahun.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.