Kompas.com - 28/09/2022, 06:06 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Dispepsia atau sakit maag adalah salah satu gangguan pada sistem pencernaan yang ditandai dengan sensasi tidak nyaman di perut bagian atas hingga nyeri lambung.

Sakit maag bukanlah sebutan untuk penyakit, melainkan gejala dari suatu penyakit tertentu.

Gejalanya dapat muncul secara tiba-tiba, terutama setelah makan atau minum, hingga aktivitias seperti membungkuk atau berbaring.

Meski kondisinya dapat segera diatasi dengan minum obat maag, namun perubahan pada gaya hidup tetap diperlukan agar maag tidak mudah kambuh.

Baca juga: Bukan karena Keturunan, Ini Sederet Penyebab Sakit Maag 

Gejala maag

Kebiasaan kita bisa menjadi penyebab gangguan pencernaan, seperti jenis makanan yang kita santap.HENADZI KlLENT Kebiasaan kita bisa menjadi penyebab gangguan pencernaan, seperti jenis makanan yang kita santap.

Tidak terlalu sulit mengidentifikasi pasien yang menderita dispepsia. Dokter akan mendiagnosis pasien jika seseorang memiliki satu atau lebih dari gejala berikut ini.

  • Rasa sakit atau nyeri yang berkaitan dengan sistem pencernaan
  • Sensasi terbakar di perut bagian atas
  • Merasa terlalu cepat kenyang saat makan
  • Perut terasa tidak nyaman
  • Kembung di perut bagian atas
  • Mual hingga muntah

Beberapa orang kemungkinan merasakan gejala yang berbeda. Terkadang ada yang muncul sebelum, saat makan hingga beberapa saat setelah makan.

Menurut laman Mayoclinic, pada kasus tertentu gejala maag juga dapat muncul dengan sensasi sakit atau terbakar di bagian dada mirip dengan heartburn yang menyebar hingga ke leher dan punggung.

Baca juga: Cara Meredakan Sakit Maag dengan Mudah dan Alami Tanpa Obat 

Penyebab sakit maag

Mencegah asam lambung naik di malam hariUnsplash / Y1024 Mencegah asam lambung naik di malam hari

Secara umum, sakit maag disebabkan oleh gaya hidup atau pola makan yang kurang sehat, kondisi kesehatan tubuh tertentu hingga efek samping dari obat-obatan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.