Kompas.com - 30/09/2022, 07:43 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Meskipun kanker serviks adalah salah satu penyebab kematian paling umum bagi wanita, kini dokter dapat mendiagnosis dan mengobati kanker serviks lebih awal.

Tes pap smear, misalnya, dapat membantu mendeteksi sel-sel pra-kanker di serviks yang dapat diangkat oleh dokter, bahkan sebelum kanker serviks berkembang.

Itulah sebabnya mengapa melakukan pemeriksaan secara rutin dan memahami risiko untuk kanker serviks sangat penting.

Salah satu faktor yang dapat meningkatkan risiko kanker serviks adalah memiliki ibu atau saudara perempuan dengan kanker serviks.

Namun, jarang sekali kanker serviks diturunkan dalam keluarga. Sebaliknya, lingkungan rumah bersama sering kali berarti keluarga memiliki faktor risiko yang sama.

Baca juga: Penyebab Kanker Serviks, Gejala, Perawatan, dan Pencegahannya

Nah, untuk mempelajari lebih lanjut tentang faktor risiko genetik dan non-genetik kanker serviks, simak penjelasannya seperti yang dilansir dari laman Healthline berikut ini.

Hubungan genetik dengan kanker serviks

Memiliki ibu atau saudara perempuan yang menderita kanker serviks merupakan faktor risiko untuk terkena kanker itu sendiri.

Namun, itu tidak berarti bahwa kanker serviks bersifat genetik atau selalu diturunkan melalui keluarga.

Dua jenis kanker serviks yang paling umum — sel skuamosa atau kanker serviks adenokarsinoma — tidak bersifat turun-temurun (tidak disebabkan oleh faktor genetik).

Tetapi, risiko terkena jenis kanker serviks tertentu yang jarang terjadi dapat ditingkatkan oleh dua faktor genetik berikut ini:

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Sumber Healthline


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.