Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/11/2022, 04:43 WIB
Dinno Baskoro,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Miopi atau biasa disebut mata minus saat ini lebih banyak dialami anak-anak zaman sekarang, khususnya di rentang usia 6-14 tahun.

Berdasarkan laporan American Academy of Pediatrics Section on Ophthalmology, anak-anak dan remaja lebih mungkin mengembangkan risiko miopi daripada orangtua mereka.

Terlebih di masa pandemi Covid-19, berdasarkan penelitian terbaru faktor risiko mata minus pada anak cenderung meningkat.

Ternyata ada sejumlah faktor risiko yang menyebabkan kondisi itu terjadi, mulai dari perubahan pada gaya hidup serta kebiasaan yang dilakukan anak-anak.

Baca juga: Penjelasan Dokter soal Bisakah Konsumsi Vitamin A Mengurangi Mata Minus? 

Mata minus bisa mengurangi kualitas hidup anak-anak

Ilustrasi mata minus pada anakUnsplash Ilustrasi mata minus pada anak

Miopi adalah gangguan pada mata yang membuat penderitanya tidak mampu melihat sesuatu dengan jarak yang jauh.

Kondisi tersebut dapat terjadi ketika seseorang mengalami ketidaksesuaian bola mata atau bagian kurva kornea dalam menangkap fokus cahaya untuk melihat obyek dengan jarak tertentu.

Hal itu pun membuat seseorang membutuhkan bantuan dari lensa minus untuk dapat menjatuhkan bayangan ke retina.

Terkait dengan risikonya cukup tinggi dialami oleh anak zaman sekarang, dr. Zoraya A Feranthy, SpM, mengatakan bahwa kondisi itu cukup mengkhawatirkan.

Pasalnya, menurut dokter Zoraya, anak-anak yang mengalami miopi yang tidak mendapatkan penanganan yang tepat bisa mengalami penurunan pada kualitas hidupnya.

"Kalau mata minus pada anak dibiarkan dan tidak mendapatkan intervensi apapun maka khawatir banyak informasi yang dia lewatkan."

"Sebab indra pengelihatan itu terkoneksi dengan memori atau ingatan. Kalau tidak ada penanganan seperti pemakaian kacamata, maka apa yang dia lihat (blur) itu yang dia dapatkan."

"Bayangkan kalau di usia yang masih sangat muda penglihatannya terganggu. Hal itu membuat banyak informasi yang dia lewatkan yang memengaruhi memorinya,"

Demikian kata dokter Zoraya di acara "MiYOSMART Lensa dengan Teknologi D.I.M.S untuk Terapi Myopia (Minus) pada Anak dari Hoya Vision Care Indonesia" di Jakarta, baru-baru ini.

Maka dari itu sebagai orangtua penting untuk melakukan deteksi dini pada kondisi mata anak agar gangguan penglihatan itu setidaknya bisa ditangani hingga dicegah sedari awal.

Baca juga: Apakah Mata Minus Bisa Disembuhkan? 

Halaman Berikutnya
Halaman:


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com