Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 29/11/2022, 12:28 WIB

KOMPAS.com - Ratu Elizabeth sempat mengidap kanker tulang selama tiga tahun sebelum kematiannya, menurut biografi terbaru soal dirinya.

Buku berjudul "Elizabeth: An Intimate Portrait" itu menguraikan jika ia mengalami sejumlah gejala kanker sumsum tulang yang disebut multiple myeloma di akhir hayatnya.

"Saya telah mendengar bahwa Ratu memiliki bentuk myeloma - kanker sumsum tulang yang akan menjelaskan kelelahan dan penurunan berat badannya dan 'masalah mobilitas' yang sering kita alami" klaim Gyles Brandreth, penulis buku yang juga dikenal sebagai teman dekat Pangeran Philip.

Baca juga: Kala Momen Pemakaman Ratu Elizabeth Malah Jadi Panggung Drama Keluarga

"Gejala myeloma yang paling umum adalah nyeri tulang, terutama di panggul dan punggung bawah, dan multiple myeloma adalah penyakit yang sering menyerang orang tua,” tambahnya.

Sejauh ini, tidak ada obat yang diketahui bisa menghilangkan jenis kanker ini meskipun sejumlah metode bisa diterapkan untuk mengurangi keparahan gejalanya maupun memperpajang usia penderita.

Namun Ratu Elizabeth disebut tidak mengambil opsi tersebut karena pertimbangan usianya.

Baca juga: 8 Jenis Kanker Tulang yang Harus Diwaspadai

"Yang Mulia selalu tahu bahwa sisa waktunya terbatas. Dia menerima ini dengan segala keanggunan yang Anda harapkan," tulis Brandreth.

Ratu Elizabeth dan Kate Middleton mengenakan busana hitam dengan bros bunga poppy merah di dada kirinyaRepro bidik layar via Instagram Ratu Elizabeth dan Kate Middleton mengenakan busana hitam dengan bros bunga poppy merah di dada kirinya
Nenek Pangeran Harry ini juga masih terus menjalankan tugas kerajaannya hingga di akhir hidupnya,

Sejumlah aktivitas tersebut disebut membantunya mengurangi kesedihan akibat kepergian Pangeran Philip pada 2021 lalu.

Hanya saja, ia sempat harus membatalkan penampilan publiknya karena alasan kesehatan termasuk saat Pembukaan Parlemen Negara dan Festival of Remembrance 2021.

Baca juga: Senyum Semringah Ratu Elizabeth di Potret Terakhirnya

Kondisi kesehatan Ratu Elizabeth sendiri tidak pernah dibuka secara terang-terangan ke publik hingga kematiannya.

Sempat beredar kabar jika ia menderita sakit kronis di masa tuanya namun Istana Buckingham tidak pernah mengkonfirmasinya.

Dalam sertifikat kematiannya, tertera keterangan "usia tua" sebagai penyebab wafatnya tanpa merinci lebih jelas soal kondisi kesehatannya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.