Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Herry Darwanto
Pemerhati Sosial

Pemerhati masalah sosial. Bekerja sebagai pegawai negeri sipil sejak 1986 hingga 2016.

Budaya Bersih Kunci Kota Sehat

Kompas.com - 30/11/2022, 10:26 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

BERSIH memang mendarah daging dalam diri bangsa Jepang. Video para suporter Jepang yang mengumpulkan sampah seusai acara pembukaan Piala Dunia di Qatar belum lama ini cukup viral di media sosial.

Banyak pihak memuji tindakan itu, termasuk petinggi FIFA. Banyak orang tidak menyangka kalau ada sekelompok orang yang peduli dengan sampah yang ditinggalkan pengunjung.

“Apakah supaya disorot kamera?” tanya seorang reporter yang meliput kejadian itu.

“Tidak," jawab salah seorang dari rombongan orang-orang Jepang itu. “Kami hanya tidak biasa melihat sampah menumpuk," mungkin demikian penjelasan berikutnya.

Orang Jepang memang terkenal pembersih. Di Jepang, sangat jarang terlihat ada sampah yang berserakan di sepanjang jalan.

Yang ada hanya kantong-kantong berisikan sampah di tempat-tempat pengumpulan sampah. Pada waktu yang ditetapkan, tertulis di papan kecil di tempat sampah itu, petugas akan mengambilnya.

Jadwal pengambilan sampah dibedakan berdasarkan jenis sampah. Misalnya hari Senin dan Kamis untuk sampah non-organik, hari-hari lain untuk sampah organik.

Pemilahan sampah itu bisa sangat rinci di banyak kota atau kawasan, tergantung dari jenis sampah yang dibuang warga dan keaktifan pemerintah kota/daerahnya.

Pamflet petunjuk pembuangan sampah biasanya tersedia di balai kota, atau di tempat-tempat warga biasa berkumpul, untuk diambil warga. Dan warga umumnya patuh dengan peraturan pengambilan sampah demikian.

Sampah daun di jalan disapu dengan mobil khusus sehingga cepat terangkut, pada pagi hari sekali. Saat orang keluar rumah, jalanan sudah bersih dari daun-daun kering.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.