Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Medio by KG Media
Siniar KG Media

Saat ini, aktivitas mendengarkan siniar (podcast) menjadi aktivitas ke-4 terfavorit dengan dominasi pendengar usia 18-35 tahun. Topik spesifik serta kontrol waktu dan tempat di tangan pendengar, memungkinkan pendengar untuk melakukan beberapa aktivitas sekaligus, menjadi nilai tambah dibanding medium lain.

Medio yang merupakan jaringan KG Media, hadir memberikan nilai tambah bagi ranah edukasi melalui konten audio yang berkualitas, yang dapat didengarkan kapan pun dan di mana pun. Kami akan membahas lebih mendalam setiap episode dari channel siniar yang belum terbahas pada episode tersebut.

Info dan kolaborasi: podcast@kgmedia.id

Punya Hobi Nulis? Yuk, Kembangkan Tulisan Kamu

Kompas.com - 07/12/2022, 09:00 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

Oleh : Inge Shafa Sekarningrum dan Ristiana D. Putri

KOMPAS.com - Penulis identik dengan seseorang yang sudah berhasil menuliskan sebuah buku atau karya sastra berupa tulisan-tulisan yang sudah dicetak.

Padahal, seseorang yang sering menulis pun bisa dikatakan seorang penulis. Tak harus memiliki karya cetak yang terpajang di toko buku. Karena seseorang bisa menulis melalui media apa pun dan di mana pun.

Bahkan, kita dapat menerbitkan tulisan dan cerita lewat media online. Melalui hobi, kamu bisa menjadi seorang penulis.

Dalam siniar Beginu episode “Nostalgia Bersama Laut Bercerita”, Leila Chudori menceritakan pengalamannya saat menulis, terutama menulis bukunya yang berjudul Laut Bercerita yang dapat diakses melalui dik.si/BeginuLeilaP2.

Leila Chudori bercerita bahwa karyanya tersebut mengambil latar belakang di era orde baru. Namun, justru pembacanya sendiri banyak yang dari kalangan generasi Z.

Hal tersebut menunjukkan keberhasilan seorang penulis dalam menuliskan ceritanya agar bisa diterima bagi semua kalangan.

Menjadi Penulis Konsisten

Seperti Leila Chudori yang fokus terhadap apa yang ia tulis, penulis juga harus memiliki pendirian dan keyakinan terhadap karyanya.

Baca juga: 5 Kasus Pembunuhan Dunia yang Belum Terpecahkan

Kamu bisa menuliskan apa pun yang kamu suka—bukan orang yang lain suka—dan biarkan imajinasimu berkembang. Jika seorang penulis terkekang dengan apa yang pembaca suka, maka penulis tidak bebas dalam mengekspresikan tulisannya.

Menetapkan Tujuan Spesifik

Sebelum mulai menulis, hal paling pertama yang penting untuk dilakukan adalah menetapkan tujuan.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.