Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/03/2023, 15:39 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Wisnubrata

Tim Redaksi

Sumber Daily Paws

KOMPAS.com - Kita semua tahu betapa tidak nyamannya sembelit atau kesulitan buang air besar (BAB).

Jadi, kita bisa dengan mudah membayangkan apa yang dirasakan oleh kucing peliharaan kita jika hewan ini mengalami masalah yang serupa.

Karena sama halnya dengan manusia, sembelit pada kucing mungkin merupakan gangguan yang tidak hanya dirasakan sesekali, tetapi bisa juga merupakan indikasi masalah kesehatan yang lebih besar.

Seorang dokter hewan dan praktisi dalam bidang pengobatan khusus kucing, Dr Tarina L. Anthony, DVM, pun menjelaskan mengapa kucing dapat mengalami masalah ini, serta apa yang harus dilakukan untuk memberikan pertolongan terbaik sebagai berikut.

Baca juga: 5 Cara Mudah Mengenali Bahasa Tubuh Kucing yang Sedang Bahagia

Penyebab kucing sembelit

Meskipun dokter hewan tidak selalu tahu apa yang menyebabkan kucing sembelit, namun Anthony mengatakan bahwa para profesional kesehatan lebih sering melihatnya pada kucing dengan kondisi tertentu.

Misalnya, kucing yang sering mengalami hairball, diet rendah serat, obesitas, dan menderita penyakit ginjal atau usus kronis.

"Penyakit ginjal sering menyebabkan tubuh kehilangan air dan dehidrasi secara keseluruhan, yang dapat bermanifestasi sebagai sembelit," kata Anthony.

"Sementara penyakit usus dapat mengubah motilitas, memperlambat perjalanan isi yang dicerna, dan menghasilkan feses yang lebih kering," jelas dia.

Kucing peliharaan kita mungkin juga mengalami ketidaknyamanan fisik yang membuatnya tidak dapat menempatkan diri dengan benar di dalam kotak pasir sehingga ia mungkin akan menghindarinya.

Anthony mengungkapkan bahwa kucing lebih tua yang menderita radang sendi juga sering mengalami masalah ini, karena jongkok terlalu menantang bagi persendiannya.

Selain itu, kucing mungkin mengalami gangguan pada kelenjar anal.

"Jika kelenjar ini membengkak, maka dapat menyebabkan penyumbatan mekanis pada jalan keluarnya feses dan juga rasa tidak nyaman saat buang air besar," tambah dia.

Baca juga: 5 Cara Melatih Kucing untuk Datang Saat Dipanggil

Tanda-tanda kucing mengalami sembelit

Kucing sering kali sangat tertutup dalam melakukan urusannya.

Tetapi untuk mengetahui tanda-tanda sembelit pada kucing, kita harus membiasakan diri dengan kotorannya.

"Ada kesalahpahaman bahwa jika kucing mengalami sembelit, kotoran di dalamnya berdiameter lebih besar daripada kotoran normal," kata Anthony.

Halaman:
Sumber Daily Paws
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com