BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Frank & Co

Tetap Menarik, Berikut Outfit Smart Casual untuk Pergi ke Kantor

Kompas.com - 30/03/2023, 15:31 WIB
Nada Zeitalini Arani,
Agung Dwi E

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Saat bekerja di kantor, pakaian formal kerap dipilih pekerja agar terlihat rapi. Seiring perkembangan tren fashion, outfit smart casual pun dijadikan alternatif untuk dipakai saat bekerja di kantor.

Dalam kamus Oxford, smart casual didefinisikan sebagai gaya berpakaian rapi dan konvensional, tetapi relatif informal. Gaya berpakaian ini umumnya digunakan oleh pekerja milenial atau gen Z yang bekerja di lingkungan kantor semiformal, seperti di perusahaan teknologi dan media.

Jika ingin mengaplikasikan gaya berpakaian tersebut, kamu bisa menggunakan enam outfit berikut.

1. Blazer atau jaket

Blazer atau jaket bisa menjadi atasan untuk tampil rapi, tetapi memberikan kesan semikasual ketimbang jas. Kamu bisa memilih warna-warna kasual, seperti abu-abu, krem, coklat muda, serta biru dongker.

Padukan blazer tersebut dengan kaus dan kemeja berwarna cerah yang tidak terlalu mencolok. Contohnya, warna pastel, yakni pink muda, biru langit, hijau mint, serta coklat muda.

Agar nyaman dipakai, kamu bisa memilih blazer berdasarkan bahan dan cuaca. Saat cuaca panas, misalnya, pilih blazer berbahan campuran katun dan linen agar tidak gerah. Sementara, saat cuaca dingin, pilih blazer berbahan wol atau campuran sutra sehingga tubuh lebih hangat.

Jaket bomber atau trench coat juga bisa menjadi pilihan outfit smart casual. Soal warna, kamu bisa memilih warna netral, seperti hitam, biru dongker atau navy, hijau army, serta coklat.

Kemudian, lengkapi gaya smart casual dengan kaus motif garis dengan warna yang unik, seperti navy, burgundy, serta coklat.

2. Kemeja kasual

Kemeja kasual merupakan salah satu outfit smart casual yang paling banyak dipilih oleh pekerja kantoran. Untuk outfit ini, kamu bisa memilih kemeja dengan potongan lengan pendek, 3/4, serta panjang.

Pilih kemeja motif polos satu warna yang netral agar kemeja kasual tetap terlihat rapi, antara lain warna hitam, abu-abu, dan biru dongker.

Selain polosan, kamu bisa pula memilih kemeja kasual bermotif garis atau kembang dengan warna yang tidak terlalu mencolok, seperti hijau muda, pink muda, biru langit, serta coklat muda.

Jika ujung kemeja relatif panjang, kamu bisa memasukkan potongan bawah kemeja ke dalam celana agar terlihat lebih rapi.

3. Dress santai

Bagi perempuan, dress dengan potongan kasual juga bisa menjadi pilihan outfit untuk bekerja di kantor. Meski memilih model kasual, dress tetap memberikan kesan anggun saat digunakan. Kamu bisa memadukannya dengan sepatu serta aksesori yang cocok.

Dress santai biasanya memiliki model yang simpel, yaitu dress lengan pendek potongan selutut, serta dress panjang polos dengan paduan kancing atau kantong. Dress ini biasanya terbuat dari bahan campuran katun dan linen.

4. Celana jeans atau chino

Tak kalah penting, celana juga berperan penting dalam menunjang untuk tampil smart casual. Kamu bisa memilih menggunakan celana chino atau jeans agar terlihat rapi, tetapi tak terlalu formal. Namun, pastikan celana jeans atau chino yang dipakai memiliki ukuran yang pas dengan warna netral.

Beberapa warna netral, seperti biru dan hitam, bisa jadi pilihan. Pilihan warna lain bisa disesuaikan dengan warna atasan yang digunakan, seperti kombinasi warna atasan biru dongker dan celana coklat, coklat dan hitam, serta krem dan hitam.

Ingat, jangan menggunakan ripped jeans atau celana jeans belel dan sobek di beberapa bagian saat bekerja ke kantor, ya.

5. Sepatu sneaker

Sepatu juga menjadi komponen penting untuk menunjang outfit smart casual. Oleh karena itu, pilihlah sepatu yang serasi dengan pakaian. Salah satu sepatu yang cocok digunakan dengan berbagai atasan adalah sneaker.

Sneaker sendiri punya banyak jenis. Agar kesan outfit smart casual didapat, jenis sneaker yang bisa dipilih adalah leather sneakers, canvas sneakers, textile-blend sneakers, dan athletic kicks. Sesuaikan pula warna sneakers dengan celana dan atasan ya agar penampilanmu tetap selaras dan serasi.

6. Perhiasan

Penguat statement pada outfit smart casual bisa didapat dengan mengenakan perhiasan yang tepat. Sebagai contoh perhiasan Frank Gold yang memiliki desain unik, klasik, dan trendi.

Baca juga: Lengkapi Tampilan Mewah Anda Saat Kenakan Perhiasan Berlian dengan Fashion Item Berikut

Lini perhiasan emas 18 karat tersebut dibuat dengan teknologi terbaru Italia. Frank Gold memiliki tiga koleksi. Pertama, Geometric Collection yang hadir dengan bentuk tegas dan presisi, seperti ketupat, bulat, persegi empat, oval, serta persegi enam.

Cincin Geometrics koleksi Frank Gold
Frank & co. Cincin Geometrics koleksi Frank Gold

Koleksi Geometrics tersebut hadir dalam beberapa jenis perhiasan, yakni enam model anting unik, lima model cincin, serta 15 model gelang.

Kedua, cincin Grande Collection dengan bentuk bagian atas yang lebih besar. Koleksi cincin ini dapat memperindah outfit smart casual saat bekerja di kantor. Ada lima model Grende Collection dengan total berat emas, mulai dari 5,98 gram sampai 9,08 gram.

Ketiga, Sleek Twist Collection. Koleksi ini punya bentuk unik dan simpel dengan empat item, yakni cincin, liontin, serta dua model anting.

Keempat, Deer Charm Mirror Bracelet. Gelang berbentuk geometri dengan panjang 18 cm ini memiliki desain modern dan mirror finish. Koleksi ini terdiri dari enam pilihan gelang dengan bentuk hati yang berbeda-beda.

Koleksi Frank Gold Deer Charm Mirror BraceletFrank & co. Koleksi Frank Gold Deer Charm Mirror Bracelet

Selain Frank Gold, kamu bisa pula memilih koleksi perhiasan Bright Love dari Frank & co.. Koleksi perhiasan berlian eksklusif ini dilengkapi dengan round berlian di tengah dan potongan emas 18 karat yang menyerupai hati.

Koleksi tersebut terinspirasi dari percikan cinta yang muncul pada awal kisah manis hubungan dua kekasih. Koleksi ini terdiri dari empat model cincin berbeda dengan 17 hingga 51 pieces taburan berlian F VVS.

Bright Love juga hadir dengan liontin berlian mewah, gelang berlian modern, serta anting-anting berlian berkualitas. Tak sekadar cocok untuk outfit smart casual, perhiasan ini juga cocok sebagai lambang cinta untuk orang terkasih.

Koleksi cincin Bright Love Frank & co.Frank & co. Koleksi cincin Bright Love Frank & co.

Dalam memaknai arti cinta dan kasih sayang, Frank & co. membuat tiga film pendek social experiment bertema “Genuine Expression”. Film pertama bercerita tentang Raphael yang mengungkapkan rasa bahagianya memiliki kekasih seperti Viona.

Pada film kedua, ada Audi yang mengungkapkan rasa sayang dan betapa beruntung ia memiliki sahabat seperti April. Kemudian di film ketiga, Annabelle mengungkapkan rasa cinta dan kagum kepada sang mama.

Pada akhir video, masing-masing dari mereka saling mengungkapkan rasa cinta lewat hadiah perhiasan berlian Frank & co. Film pendek penuh makna tersebut dapat disaksikan di Youtube Frank & co.

Informasi Bright Love, Frank Gold, dan koleksi Frank & co. lain dapat diakses melalui website serta Instagram Frank & co.


komentar di artikel lainnya
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com