Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penyebab Anjing Jadi Sering Menggonggong dan Cara Mengatasinya

Kompas.com - 13/04/2023, 09:34 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Anjing menggonggong karena berbagai alasan, baik itu untuk mengekspresikan perasaannya, mengomunikasikan informasi, atau untuk menarik perhatian pada sesuatu yang dianggapnya penting.

Selain ekspresi wajah, bahasa tubuh, dan vokalisasi lainnya, menggonggong adalah cara penting bagi anjing untuk berkomunikasi.

Jadi, kita sebaiknya tidak menghukum meneriaki anjing karena menggonggong.

Namun, apabila gonggongan anjing menyebabkan masalah bagi orang-orang di sekitar, maka kita perlu memahami penyebabnya untuk bisa menemukan cara yang tepat mengatasinya.

Baca juga: Ternyata Inilah 5 Alasan Anjing Terus Menggonggong

Alasan anjing menggonggong

Anjing memiliki berbagai macam vokalisasi untuk membantunya berkomunikasi dengan manusia dari waktu ke waktu.

Penelitian terhadap anjing menemukan bahwa hewan ini cenderung bersuara lebih banyak saat berada di sekitar manusia, tetapi juga telah mengembangkan bentuk komunikasi verbal yang unik.

Anjing adalah ahli dalam membaca respons manusia dan dapat menyesuaikan vokalisasi untuk memberikan informasi spesifik kepada manusia tentang keinginan dan kondisi emosionalnya.

Di sisi lain, manusia telah belajar untuk memahami isyarat verbal ini dari anjing.

Dalam penelitian tersebut, manusia mendengarkan rekaman gonggongan anjing dalam berbagai situasi dan mereka dapat secara akurat menentukan kondisi emosional anjing.

Gonggongan adalah salah satu vokalisasi yang paling mudah dikenali dan sering digunakan pada anjing (yang lain termasuk merengek dan menggeram).

Gonggongan anjing itu unik, tergantung pada ras dan variasi individu.

Beberapa ras seperti shar-pei, chow chow, dan basenji cenderung menggonggong lebih sedikit daripada anjing lainnya.

Sementara anjing pemburu memiliki gonggongan yang sangat mudah dikenali yang khas, meskipun gonggongan setiap anjing dapat bervariasi.

Seekor anjing akan menggonggong untuk memberi tahu kita tentang sesuatu di lingkungan sekitar seperti pengiriman paket atau seseorang yang mendekati pintu, saat ingin bermain, saat bosan atau cemas, sebagai sapaan, saat takut, dan saat ingin keluar atau masuk.

Di samping itu, anjing juga mungkin akan menggonggong saat merasa senang akan sesuatu seperti berjalan-jalan atau naik mobil.

Beberapa anjing menggonggong untuk mengekspresikan ketidakpastian ketika menemukan sesuatu yang baru atau saat menginginkan perhatian.

Anjing juga dapat menggonggong pada sesuatu yang dapat dilihat, dicium, atau didengar.

Ketika kita tinggal bersama anjing peliharaan, maka kita dapat belajar mengenali arti gonggongannya yang beragam dan bagaimana memenuhi kebutuhan hewan ini dengan lebih baik.

Baca juga: Anjing Terus Menggonggong, Apa yang Harus Dilakukan?

Ilustrasi anjing menggonggong. SHUTTERSTOCK/ALEXEI_TM Ilustrasi anjing menggonggong.

Tanda-tanda gonggongan anjing adalah masalah

Meskipun anjing secara unik beradaptasi untuk hidup bersama manusia dan telah mengembangkan strategi untuk berbicara secara efektif dengan manusia, terkadang metode komunikasi ini gagal.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com