Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Minuman untuk Menurunkan Berat Badan yang Cocok Diminum Setiap Pagi

Kompas.com - Diperbarui 17/05/2023, 07:27 WIB
Anya Dellanita,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Usaha menurunkan berat badan dengan cepat rupanya dapat dimulai di pagi hari, tepat sebelum kita memulai semua kegiatan sehari-hari.

Caranya pun tidak sulit. Kita hanya perlu meminum beberapa minuman sehat dengan kalori yang sangat rendah.

Dengan meminumnya, lemak pun bisa terbakar dengan cepat, membuat proses menurunkan berat badan pun tidak terlalu terasa berat dan menantang. Bahkan, rasanya pun cukup lezat.

Dilansir dari Eat This Not That, berikut deretan minuman sehat untuk menurunkan berat badan yang cocok diminum di pagi hari.

Teh hijau

Minuman untuk menurunkan berat badan pertama yang bisa kita minum di pagi hari adalah teh hijau.

Menurut ahli gizi dan penulis dari Finally Full, Finally Slim, Lisa Young, Ph.D., RDN, sebuah studi yang dilakukan oleh tim peneliti dari Department of Human Biology, Nutrim, Faculty of Health, Medicine, and Life Sciences, Maastricht University, Belanda, menunjukkan bahwa teh hijau dapat mempercepat metabolisme yang penting untuk menurunkan berat badan.

Selain itu, teh hijau juga mengandung catechin, antioksidan yang efektif untuk membakar lemak.

Baca juga: Teh Hijau Bisa Jadi Minuman untuk Turunkan Berat Badan, Benarkah?

Iced Matcha Green Tea Latte

Menurut ahli diet bersertifikat dari "The Nutrition Twins," Tammy Lakatos Shames, RD, CDN, CFT, and Lyssie Lakatos, RD, CDN, CFT, selain dapat mendorong pembakaran lemak, iced matcha green tea latte juga dapat membantu membentuk garis pinggul.

Selain itu, meminum minuman ini setiap pagi juga dapat membantu memberikan asupan antioksidan dan membuat kita kenyang lebih lama.

Kalorinya pun hanya 20 kalori saja.

Belum lagi, The Nutrition Twins menambahkan bahwa matcha green tea telah terbukti dapat meningkatkan hasil olahraga yang memicu pembakaran lemak, yang tentu dapat membantu menurunkan berat badan.

Air hangat dengan lemon

Air hangat dengan lemon juga bisa menjadi minuman detox lho.

“Lemon memiliki banyak manfaat karena kandungan antioksidan dan serat pektin atau serat larut yang paling banyak ditemukan pada buah dan sayuran. Alasan minuman ini bagus untuk menurunkan berat badan adalah karena menghidrasi, bebas kalori, dan dapat membantu menghilangkan racun dalam tubuh," ujar Young.

Baca juga: Apakah Air Lemon Dapat Dijadikan Minuman Diet?

Turmeric Golden Milk

Meski minuman manis biasanya identik dengan kalori tinggi yang bisa membuat berat badan naik, golden milk yang terbuat dari kunyit, jahe, dan kayu manis hanya memiliki 40 kalori saja.

Selain itu, ketiga bahan bakunya dapat membantu mengatasi peradangan yang terkadang dapat mengganggu proses penurunan berat badan, dan kayu manis juga dapat membantu mengatur kadar gula darah.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com