Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/10/2023, 10:14 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Wisnubrata

Tim Redaksi

Sumber Best Life

KOMPAS.com - Sebagian besar tanaman hias berbunga tidak hanya indah tetapi juga memiliki aroma yang khas, sehingga dapat menciptakan pengalaman sensorik yang menyeluruh.

Dengan aroma khas, seperti wangi yang manis dan segar, beberapa tanaman hias berbunga outdoor juga bisa menjadi sumber kebahagiaan dan relaksasi.

Tidak heran bila akhirnya banyak orang yang menaruh beragam jenis tanaman hias berbunga di luar rumah untuk memberikan aroma yang wangi secara alami.

Nah, untuk mengetahui lebih lanjut jenis-jenisnya, para ahli tanaman pun membagikan 8 pilihan tanaman hias berbunga outdoor yang beraroma wangi, sebagaimana dikutip dari laman Best Life berikut ini.

1. Melati

Ilustrasi bunga melati di dalam ruangan.Shutterstock/New Africa Ilustrasi bunga melati di dalam ruangan.
Menurut seorang ahli arborologi bersertifikat dan pendiri GoTreeQuotes, Ben McInerney, melati memiliki aroma yang sangat menyenangkan, sehingga sering digunakan dalam teh atau pengharum mobil.

"Melati menghasilkan bunga kecil berwarna putih atau kuning dengan aroma yang kuat dan manis," kata Benita Middleton, kepala tukang kebun di Benita's Garden Services.

"Tanaman berbunga ini lebih menyukai sinar matahari penuh daripada teduh parsial dan tanah yang bisa mengering dengan baik."

"Penyiraman secara teratur dan pemupukan sesekali selama musim tanam juga dapat membantu menjaga kesehatannya dan mendorong pembungaan," terangnya.

Uniknya lagi dari melati adalah, tanaman berbunga ini biasanya mekar dan mengeluarkan aromanya di malam hari. Jadi, melati sangat cocok sebagai hiasan rumah bagi orang-orang yang suka mengadakan pesta di malam hari.

Baca juga: Percantik Rumah dengan Tanaman Bunga Melati

2. Syringa

Ilustrasi bunga lilac. PIXABAY/RITAE Ilustrasi bunga lilac.
Syringa atau yang sering disebut lilac adalah tanaman hias berbunga yang mekar dalam waktu yang sangat singkat- hanya dua minggu pada musim semi, tetapi aromanya sangat harum sehingga layak untuk ditunggu setiap tahun.

CEO dan co-founder GreenPal, Bryan Clayton mengungkapkan bahwa aromanya kuat dan manis, tetapi tanaman hias berbunga ini membutuhkan sinar matahari penuh, tanah yang mengering dengan baik, serta sedikit pemangkasan sebagai bentuk perawatan.

"Lilac juga merupakan bunga potong yang bagus untuk hiasan bunga," tambah Keegan Nesvacil, salah satu pendiri dan CEO Woodland Tools Co.

3. Sweet alyssum

Ilustrasi bunga sweet alyssum. Shutterstock/Mikhail Gnatkovskiy Ilustrasi bunga sweet alyssum.
Dari namanya, tanaman hias berbunga ini mungkin sudah bisa ditebak memiliki aroma wangi yang manis.

"Bunganya yang beraroma madu dapat menciptakan hamparan keharuman di taman atau pekarangan rumah kita," ujar Clayton.

Meskipun kita akan sering menemukannya dalam warna putih sebagai tanaman pembatas, bunga ini juga hadir dalam nuansa merah muda dan ungu.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com