Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Havilla Tea Rayakan Eksistensi 9 Tahun sebagai Teh Artisan Lokal

Kompas.com - 15/12/2023, 21:13 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sebagai negara dengan sumber daya alam yang melimpah, Indonesia tidak lepas dari keberagaman komoditas, salah satunya teh.

Ada banyak varietas teh yang dapat ditemukan di Indonesia, mulai dari teh hitam (black tea) hingga yang dikenal paling menyehatkan, yakni teh hijau (green tea).

Dengan keanekaragaman itulah, industri teh lokal, terutama yang berfokus pada kerajinan atau juga disebut sebagai artisan, pun semakin berkembang dan memiliki peminatnya sendiri.

Salah satu yang populer di Indonesia saat ini adalah Havilla Tea.

Jenama teh artisan premium dari Bandung itu juga baru saja merayakan ulang tahun yang ke-9 lewat pameran "The Journey of Havilla", yang berlangsung pada 12-14 Desember 2023, di The Dharmawangsa, Jakarta.

Didirikan pada tahun 2014 silam oleh dua sahabat, Neysa Valeria (Founder & Tea Specialist) dan Ajeng Respati (Co-Founder), Havilla Tea telah menempuh perjalanan luar biasa dalam membentuk lanskap teh artisan di Indonesia.

Dalam pameran tersebut, pengunjung yang datang diperlihatkan berbagai varietas dan campuran teh Havilla yang kaya rasa, serta mengenal lebih dalam mengenai kisah keunggulan, keahlian, dan dedikasi dari jenama ini.

"Pameran ini sekaligus menjadi bentuk apresiasi dan ucapan syukur kami terhadap setiap jengkal perjalanan yang telah dilalui," ungkap Ajeng, Selasa (12/12/2023) lalu.

"Setiap detail fragmen yang menjadi bagiannya merupakan seni yang selalu melibatkan sisi emosional. "

"Untuk itu, kami ingin membagikan detail cerita tersebut bersama dan kepada orang-orang yang memiliki andil dalam perjalanan Havilla sampai hari ini dan hari-hari ke depan," terangnya.

Baca juga: 12 Jenis Teh yang Membantu Meredakan Batuk

Sementara itu, Nesya juga menjelaskan bahwa Havilla Tea adalah produk Bespoke Tea bersertifikasi sistem keamanan pangan tertinggi FSSC 22000.

"Jadi, semua teh dikurasi dan dibuat dengan cinta, passion, serta keahlian yang mumpuni (tersertifikasi) dan telah berkecimpung di dunia teh selama lebih dari satu dekade," tuturnya.

"Hal ini mewujudkan esensi seni dalam minum teh, menjadikan produk Havilla Tea mahakarya baik secara visual maupun rasa, yang menciptakan pengalaman estetis bagi semua pecinta teh," ujar dia.

Jenama teh artisan premium dari Bandung itu juga baru saja merayakan ulang tahun yang ke-9 lewat pameran The Journey of Havilla.KOMPAS.com/Ryan Sara Pratiwi Jenama teh artisan premium dari Bandung itu juga baru saja merayakan ulang tahun yang ke-9 lewat pameran The Journey of Havilla.
Membudiyakan bahan-bahan lokal yang berkualitas

Setelah hampir satu dekade, Havilla Tea tak henti berinovasi dengan ide-ide baru. Namun, Neysa dan Ajeng setuju bahwa prinsip dan inspirasi berdirinya brand di tahun 2014 hingga kini masih sama.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com