Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Hal Sederhana yang Bisa Kita Lakukan untuk Mengusir Bad Mood

Kompas.com - 26/02/2024, 18:38 WIB
Wisnubrata

Editor

Sumber Best Life

KOMPAS.com - Kamu pasti pernah merasa kesal, sedih, marah, frustrasi, atau intinya berada dalam suasana hati yang buruk alias bad mood

Tentu setiap orang pernah mengalami apa yang disebut bad mood, kata psikolog Amy Mezulis, PhD, salah satu pendiri dan kepala petugas klinis Joon. 

"Setiap orang pernah mengalami hari-hari yang buruk. Wajar jika kita kadang merasa tidak gembira, entah suasana hati yang buruk itu muncul dalam bentuk mudah tersinggung, sedih, cemas, atau sekadar stres," katanya. 

Beberapa orang bisa dengan mudah mengubah bad mood-nya menjadi normal. Tapi ada juga yang perlu waktu lama untuk menghilangkan rasa itu. Lalu apa cara terbaik untuk menghilangkan suasana hati yang buruk dengan cepat?

Beth Gulotta, LMHC dan pendiri NYC Therapeutic Wellness, mengatakan langkah pertama yang diperlukan adalah menyadari bahwa suasana hati kita sedang buruk, kemudian membuat keputusan sadar untuk mengubahnya. 

"Pikiran kita menentukan suasana hati kita, dan suasana hati kita menentukan perilaku kita, jadi menyadari dan berusaha keluar dari suasana bad mood adalah awal yang baik." 

Baca juga: Tidak Bersemangat Menjalani Hari? Coba Ini untuk Perbaiki Suasana Hati

Meski kedengarannya masuk akal, namun menyadari saja belum cukup. Kita perlu melakukan langkah yang lebih konkrit, daripada sekedar mencoba membantah pikiran-pikiran buruk penyebab bad mood.

Untungnya, para ahli memiliki beberapa tips yang dapat mengembangkan senyuman di wajah dan mengembalikan semangat dalam hidupmu.

Tips mengusir bad mood

1. Tetaplah tersenyum

ilustrasi tersenyum, salah satu cara untuk berpikir positif.PEXELS ilustrasi tersenyum, salah satu cara untuk berpikir positif.
Saran tercepat dan termudah untuk meningkatkan suasana hati adalah tetap tersenyum walau itu sekedar berpura-pura. Tentu kamu tidak harus tersenyum lebar seperti Joker, apalagi jika berada di tempat umum. Sedikit tersenyum sudah cukup, kata psikoterapis Amy Morin, LCSW.

“Ada bukti bahwa tersenyum membuat kita merasa bahagia,” katanya. "Dan kita tidak perlu memberikan senyuman lebar. Cukup senyuman dengan sudut mulut terangkat akan memberi peningkatan emosi secara instan," ujarnya.

Menurut penelitian, gerakan disengaja ini akan memicu otak mengeluarkan hormon yang memberi rasa gembira, dan akan membantu menghilangkan suasana hati yang buruk.

Baca juga: Sudah Tersenyum Hari Ini? Ketahui 9 Manfaat Senyum agar Lebih Bahagia

2. Menarilah

Ilustrasi sekelompok wanita melakukan aktivitas menari untuk olahraga.iStockPhoto/FatCamera Ilustrasi sekelompok wanita melakukan aktivitas menari untuk olahraga.
Tersenyum akan membuat kita merasa sedikit lebih baik, namun jika kamu membutuhkan lebih banyak energi untuk menyingkirkan bad mood, ahli saraf Friederike Fabritius, MS, menyarankan sesuatu yang lebih menantang: menari! 

Faktanya, cara termudah untuk mendapatkan suasana hati yang lebih baik adalah dengan menggunakan tubuh kita, karena ada hubungan antara otak dengan tubuh. 

“Saat kita berolahraga, otak melepaskan endorfin, dopamin, dan serotonin, dan ini akan langsung meningkatkan suasana hati,” kata Fabritius. 

“Menari sangat baik untuk otak. Kita tidak hanya melepaskan semua hormon perasaan senang karena bergerak, namun juga mengaktifkan otak emosional karena mendengarkan dan mengikuti irama musik. Jadi, bangunlah dan bergerak! Cukup menari 15 menit dapat memiliki dampak nyata pada suasana hati secara keseluruhan."

Halaman:
Sumber Best Life
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com