Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 29/02/2024, 11:11 WIB
Nazla Ufaira Sabri,
Wisnubrata

Tim Redaksi

Sumber Livestrong

KOMPAS.com - Siapa bilang menyingkirkan lemak perut harus dilakukan dengan cara yang membosankan? Salah satu cara yang menyenangkan dan efektif untuk mencapai perut rata adalah melalui Zumba.

Tidak hanya membuang lemak, zumba juga bisa membawa kegembiraan dan energi dalam rutinitas kebugaran kita.

Melansir laman Live Strong berikut alasan mengapa zumba bisa membantu menghilangkan lemak di perut.

Kalori yang dibakar dengan Zumba

Penelitian ACE tahun 2012 mengamati 19 wanita sehat berusia antara 18 dan 22 tahun yang mengikuti kelas Zumba dengan menggunakan alat pemantau jantung.

"Rata-rata, para wanita tersebut membakar 9,5 kalori per menit," seperti dikutip dari laman Live Strong.

Jumlah tersebut lebih banyak daripada kalori per menit yang dibakar dalam percobaan sebelumnya pada kelas Pilates tingkat lanjut, power yoga, step aerobik, dan cardio kickboxing.

Kalori yang akan kita bakar di kelas zumba tergantung pada banyak faktor, termasuk berat badan, usia, jenis kelamin, intensitas gerakan, tingkat kesulitan kelas, dan banyak lagi.

Kita dapat mengenakan pelacak kebugaran untuk memantau kalori yang terbakar sehingga dapat lebih tepat dalam membuat defisit kalori.

Baca juga: Terjebak di Singapura dan Jadi Instruktur Zumba, Simak Perjalanan Denada

Menghancurkan lemak di perut dengan Zumba

Dalam latihan zumba, kita bergantian melakukan latihan intensitas tinggi dan aktivitas intensitas rendah - metode yang dinamakan latihan interval.

Latihan interval memiliki banyak manfaat, termasuk meningkatkan kebugaran kardiovaskular, menurunkan kolesterol, dan meningkatkan sensitivitas insulin, yang merupakan cara tubuh menggunakan glukosa untuk menghasilkan energi.

"Latihan interval telah terbukti secara khusus menargetkan simpanan lemak perut untuk dioksidasi dengan cara yang tidak dapat dilakukan oleh latihan kardio saja," menurut tinjauan penelitian tahun 2011 di Journal of Obesity yang dikutip dari laman Live Strong.

Tips hilangkan lemak di perut dengan zumba

Zumba adalah cara yang menyenangkan dan efektif untuk membakar lemak perut, selama kita melakukannya secara teratur.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit merekomendasikan untuk latihan kardiovaskular setidaknya 150 menit setiap minggu untuk mendapatkan manfaat kesehatan dan penurunan lemak yang maksimal. 

"Kita disarankan melakukan latihan 2,5 hingga 5 jam per minggu, tergantung pada intensitasnya, atau lebih banyak latihan kardiovaskular," seperti dikutip dari laman Live Strong.

Oleh karena itu, kita disarankan mengikuti setidaknya tiga kelas Zumba setiap minggunya.

Berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi dapat membantu membuat rencana memperhitungkan kebutuhan kalori spesifik dan berapa banyak kalori yang perlu kita bakar setiap hari.

Dengan informasi tersebut, kita dapat memutuskan berapa banyak latihan zumba yang perlu dilakukan setiap minggu untuk menghilangkan lemak perut.

Baca juga: Benarkah Olahraga Zumba Efektif Menurunkan Berat Badan?

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Livestrong
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com