Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Tanda Ada yang Tidak Beres dalam Foto Bersama Pasangan

Kompas.com - 03/03/2024, 18:22 WIB
Wisnubrata

Editor

Sumber Best Life

KOMPAS.com - Umumnya orang mengetahui pasangannya selingkuh dari aroma parfum yang tak dikenal, bekas lipstik di baju, pesan rahasia di ponsel, atau perubahan hasrat seksual yang tiba-tiba. 

Tapi pernahkah kamu mempertimbangkan untuk mengamati foto-fotonya saat bersamamu? Menurut para ahli, bahasa tubuh dan ekspresi wajah pasangan bisa menunjukkan ada suatu masalah.

“Bahasa tubuh dapat menunjukkan emosi dan niat yang tidak terucapkan,” jelas Justin Gasparovic, seorang pakar psikologi perilaku, dan pendiri The Enemy of Average. 

Namun, penting untuk diingat bahwa menafsirkan bahasa tubuh dari foto tidak selalu memberikan bukti nyata adanya perselingkuhan.

Baca juga: 8 Faktor yang Menyebabkan Pasangan Selingkuh

Dengan mempertimbangkan semua itu, berikut beberapa "tanda bahaya" yang perlu diperhatikan pada foto pasangan jika kamu mencurigainya.

Melihat tanda ada yang tidak beres melalui foto

1. Postur tubuhnya terlihat tegang atau tertutup

Jika bahasa tubuh pasanganmu dalam foto bersama terlihat tegang atau kaku, itu bisa menjadi tanda ketidaknyamanan atau kegelisahan, kata Michelle King, terapis pernikahan dan keluarga di Ocean Recovery. 

“Ini bisa menunjukkan bahwa pasangan menyembunyikan sesuatu dan tidak tampil secara leluasa,” jelasnya.

Menurut Mariah Freya, pakar hubungan dan salah satu pendiri Beducted, bahasa tubuh yang tertutup —seperti melipat tangan atau berpaling dari kamera— adalah tanda bahaya lainnya. Meski bukan merupakan bukti konklusif adanya perselingkuhan, hal ini bisa menunjukkan bahwa pasangan mempunyai motif tersembunyi atau menutupi keintiman denganmu.

2. Ekspresi wajah yang tidak konsisten

Perhatikan bagaimana ekspresi wajah pasangan dari foto ke foto. Apakah perbedaannya banyak? Atau apakah mereka cenderung memiliki senyuman serupa?

“Misalnya, jika mereka tersenyum tulus di satu foto, tetapi tersenyum terpaksa di foto lain, itu bisa menjadi tanda bahwa mereka tidak jujur ??dan berusaha menyembunyikan emosi mereka yang sebenarnya,” kata King.

Ingatlah bahwa wajar jika seseorang memiliki ekspresi wajah yang berbeda-beda, karena hal ini dapat bergantung pada suasana hati dan banyak faktor lain pada saat itu. Namun, jika jumlahnya sangat bervariasi, itu bisa menandakan ketidakkonsistenan emosional—seperti perasaan campur aduk tentang hubungan kalian.

Baca juga: 11 Tanda Tak Terduga Pasangan Selingkuh

3. Matanya tidak ikut tersenyum

Tidak semua senyuman sama —itulah sebabnya para ahli menyarankan untuk melihat lebih dekat wajah pasangan di foto terbaru.

“Penelitian di bidang psikologi menunjukkan bahwa senyuman sejati tidak hanya melibatkan mulut tetapi juga otot di sekitar mata,” kata Chris Gillis, pelatih hubungan dan konsultan citra. 

"Saat seseorang tersenyum dengan tulus, sudut matanya berkerut. Jika pasanganmu terus-menerus menampilkan senyuman palsu atau yang dipaksakan di foto, itu mungkin menunjukkan jarak emosional atau perasaan tersembunyi. Ini bisa jadi merupakan upaya bawah sadar untuk menutupi rasa bersalah atau menyembunyikan hubungan rahasia."

Menurut Gasparovic, senyuman yang dipaksakan tidak selalu menandakan perselingkuhan. Namun, hal itu bisa menjadi tanda bahwa ada sesuatu yang tidak beres dan pasangan tidak merasa nyaman —yang tetap merupakan sesuatu yang patut untuk ditelusuri.

Halaman:
Sumber Best Life
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com