Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Manfaat Psikologis Bukber, Kurangi Stres hingga Bangun Mood Positif

Kompas.com - 13/03/2024, 11:11 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Di bulan Ramadhan ini, momen buka puasa bersama atau bukber menjadi salah satu hal yang paling ditunggu oleh umat Muslim yang menjalankan ibadah puasa.

Selain menyantap makanan bersama, momen bukber juga kerap kali dimanfaatkan untuk berjumpa dan berkomunikasi dengan keluarga, saudara bahkan teman-teman lama yang sudah jarang ditemui.

Inilah yang membuat bukber menjadi lebih berkesan. Tidak hanya itu, bukber juga dapat memberikan kita sejumlah manfaat psikologis yang lebih baik sebagai berikut.

Manfaat bukber secara psikologis

1.Mempererat tali silaturahmi

Bubkber dianggap sebagai ajang silaturahmi yang dapat mempererat hubungan keluarga maupun pertemanan atau persahabatan.

Menurut psikolog Meity Arianty STP, MPsi, secara psikologis, manusia memiliki kebutuhan untuk bersama, bertemu, dan bersentuhan serta menjalin pertemanan.

Sehingga, bukberdapat menjadi alternatif bagi kita untuk dapat berkomunikasi dan bertemu dengan orang lain secara langsung.

Hal senada juga diungkapkan psikolog klinis, Tiara Puspita.

"Ya, tentunya bukber dapat berfungsi untuk menjalin dan mempererat hubungan sosial dengan teman, keluarga, dan rekan kerja," katanya kepada Kompas.com melalui jawaban tertulisnya, Selasa (12/3/2024).

Baca juga: Tips Sehat Saat Berpuasa

2. Meningkatkan rasa keterikatan dan dukungan

Tiara juga menyebutkan bahwa bukber dapat bermanfaat dalam memperkuat rasa keterikatan antarindividu dan kelompok serta meningkatkan dukungan kepada satu sama lain.

Apalagi, selama ini kita sering terpaku pada media sosial secara psikologis tidak berdampak baik bagi kesehatan mental.

"Dunia maya (tampaknya) jauh lebih menarik dibandingkan bertemu langsung. Namun, sebagai manusia sosial, kita tetap perlu bertemu dengan orang lain secara langsung karena kita membutuhkan dukungan baik secara moril, finansial, dan lain-lain," tambah Meity.

3. Mengurangi stres

Bertemu dengan orang-orang yang kita kasihi ketika acara bukber ternyata dapat salah satu alternatif melepas penat sekaligus mengurangi stres.

Tiara mengatakan, acara bukber dapat menciptakan pengalaman bersama yang meningkatkan kesejahteraan emosional, mengurangi stres, dan meningkatkan kebahagiaan.

Baca juga: Ketahui, Manfaat Berpuasa untuk Kesehatan hingga Turunkan Berat Badan

4. Menciptakan mood yang positif

Selanjutnya, ketika kita sudah merasa bahagia sudah berkumpul dengan keluarga maupun teman saat bukber, hal ini tentu berdampak positif pada mood atau suasana hati kita.

"Bukber, apalagi jika dibarengi dengan kegiatan berbagi makanan atau kegiatan amal, dapat membantu menciptakan mood positif, meningkatkan kepuasan hidup, meningkatkan kebahagiaan serta menimbulkan rasa bersyukur," ujar Tiara.

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com