Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 14/03/2024, 11:11 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Banyak dari kita mungkin pernah bermimpi bertemu seseorang yang tidak terduga, baik itu mantan pacar, gebetan, atau bahkan teman lama.

Sementara mimpi seringkali berpusat pada pikiran dan kekhawatiran kita sehari-hari, namun mimpi juga dapat mencerminkan pikiran bawah sadar atau perasaan kita tentang orang lain.

Dalam kasus tertentu, mimpi juga secara simbolis bisa mewakili sesuatu yang sama sekali lain dari kehidupan kita.

Apa arti mimpi bertemu teman lama?

Menurut seorang konselor kesehatan mental berlisensi dan pemilik Lyon Counseling di Casselberry, Florida, Jesse Lyon, ada beberapa hal yang perlu dipahami ketika kita bermimpi tentang seseorang.

Pertama-tama, penting untuk mengetahui bahwa mimpi mengkomunikasikan informasi pada dua tingkat yang berbeda. Tingkat-tingkat ini dikenal sebagai manifest content dan latent content.

"Manifest content umumnya sangat jelas dan akan berkomunikasi dengan kita secara langsung mengenai masalah atau situasi yang sedang kita hadapi, sedangkan latent content biasanya lebih tersembunyi," jelas Lyon seperti dikutip dari laman Verywell Mind pada Kamis (14/3/2024).

Baca juga: 9 Kemungkinan dari Arti Mimpi Selingkuh

Ia pun mengungkapkan bahwa latent content jauh lebih pribadi dan emosional.

Hal ini melibatkan makna bawah sadar dari mimpi tersebut, atau apa yang dikatakan oleh para penafsir mimpi sebagai makna tersembunyi di balik mimpi kita.

Sebagaimana ketika kita bermimpi bertemu dengan seorang teman yang sudah lama tidak kita temui, mungkin secara simbolis itu mewakili kerinduan bawah sadar untuk terhubung kembali atau keinginan untuk menemukan penyelesaian atas perasaan yang belum terselesaikan.

Atau hal itu juga menunjukkan keinginan yang lebih luas untuk lebih banyak hubungan sosial dan persahabatan secara umum.

Di sisi lain, penulis buku tentang spiritualitas dan mimpi, Theresa Cheung menjelaskan, kemunculan teman lama dalam mimpi kita bisa memiliki simbolis tertentu.

"Ini seperti metafora untuk beberapa aspek yang terabaikan atau terlupakan dari diri kita yang ingin kita hubungkan kembali, atau dapat memperoleh manfaat dari berhubungan kembali dengan orang tersebut," katanya seperti dikutip dari laman Bustle.

Baca juga: Berbagai Alasan Mengapa Kamu Mimpi Pasangan Selingkuh

Terlepas dari bagaimana kehidupan teman lama kita sekarang, kehadiran mereka di dalam mimpi kita ternyata berperan penting agar kita lebih memperhatikan sesuatu yang penting dan perlu ditangani saat ini.

Selain itu, kita juga harus memperhatikan bagaimana orang-orang dari masa lalu (seperti teman lama) bertindak dalam mimpi kita.

Misalnya, apakah mereka membantu kita, atau apakah mereka marah?

Menurut analis mimpi profesional Lauri Loewenberg, perilaku mereka dalam mimpi akan berhubungan langsung dengan bagaimana bagian dari diri kita berperilaku dalam kehidupan nyata.

"Mereka menunjukkan perilaku ini dari sudut pandang yang berbeda sehingga kita dapat lebih memahami diri kita sendiri," terangnya.

Menganalisis mimpi dan mengubahnya ke dalam kehidupan kita sendiri juga menjadi salah satu metode untuk mengetahui apa yang ada di pikiran kita akhir-akhir ini.

Baca juga: Sosok Mantan Terus Muncul dalam Mimpi, Apa Artinya?

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com