Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/02/2024, 17:07 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

KOMPAS.com - Mimpi adalah bunga tidur. Sekalipun apa yang kita lihat dalam mimpi menjadi kenyataan, mungkin saja itu hanyalah kebetulan.

Termasuk jika kita mimpi teman meninggal. Namun, selain sekadar bunga tidur, mimpi teman meninggal juga bisa saja menyiratkan hal lain.

Baca juga:

 

Seringkali, apa yang kita lihat dalam mimpi berkaitan dengan kualitas hubungan atau sifat seseorang di kehidupan nyata yang mungkin kita hindari atau justru inginkan.

Lalu, apa makna mimpi teman meninggal? Berikut ulasan singkatnya.

Mimpi teman meninggal, apa artinya?

Mimpi teman meninggal bisa menyiratkan sejumlah hal dan ini tidak selalu berkaitan dengan peristiwa duka.

Dilansir dari Healthline, penting diingat bahwa arti dari mimpi tersebut nungkin tidak berkaitan sama sekali dengan orang yang muncul dalam mimpi, melainkan mungkin berkaitan dengan apa yang direpresentasikannya di kehidupan nyata

Mimpi teman meninggal bisa menandakan perhatian kita pada orang yang muncul dalam mimpi tersebut.

Itu juga bisa berarti bahwa pertemananmu sedang menuju pada perubahan atau kamu mungkin lebih ingin untuk bebas dan tidak terlalu dekat lagi dengannya.

 Baca juga:

Hal serupa dikatakan oleh seorang ahli psikologi klinis.

"Bermimpi tentang seseorang meninggal dapat memiliki berbagai arti, tergantung pada situasi kehidupan kita," kata psikolog klinis di Infinite Recovery, Carolina Estevez, PsyD, seperti dilansir dari Very Well Mind.

"Mimpi ini bisa meresahkan, tetapi pada akhirnya mewakili perubahan positif dalam arah dan potensi pertumbuhan kita di masa depan."

Menurut Estevez, kematian merepresentasikan situasi ketika kita harus melepaskan seseorang. Pada kehidupan nyata, ini bisa jadi situasi yang mengharuskan kita mampu melepaskan keyakinan atau kebiasaan lama.

Sementara itu, profesional bersertifikat dalam bidang mimpi sekaligus penulis tiga buku tentang tidur dan mimpi, Tzivia Gover mengatakan bahwa mimpi tentang kematian biasanya memiliki metafora tersembunyi di dalamnya.

Baca juga:

Seringkali, mimpi itu merupakan metafora dari suatu jenis akhir atau penyelesaian.

"Sebagai contoh, kita mungkin bermimpi tentang kematian ketika di kehidupan nyata kita sedang berada pada masa transisi dalam hidup, seperti berkaitan dengan berakhirnya pekerjaan, hubungan, atau keterikatan pada cara berperilaku lama dan kita berada di ambang sesuatu yang baru," ujar Gover.

Namun, mimpi teman meninggal atau mimpi negatif lainnya mungkin membuat kita merasa tidak nyaman saat terbangun.

Jika itu terjadi padamu, cobalah menarik napas dalam-dalam ketika terbangun dan ingatlah bahwa seseram apapun mimpinya, kita selalu bisa melihat sisi positifnya sebagai pesan yang dapat kita praktikkan di kehidupan nyata untuk menjadi orang yang lebih baik.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com