Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Cara Mengungkap Makna Tersembunyi di Balik Mimpi

Kompas.com - 31/08/2023, 07:16 WIB
Glori K. Wadrianto

Editor

Sumber Forbes

KOMPAS.com - Mungkin kita pernah terbangun karena mimpi yang aneh dan surealis, dan lantas meremehkan fakta bahwa urutan adegan yang kita saksikan dalam mimpi itu dapat menambah makna bagi kehidupan kita saat bangun.

Mimpi cenderung membuat kita bingung apakah benar-benar acak, atau sebenarnya mencoba untuk memberitahu kita sesuatu.

Namun, penelitian terbaru di bidang tidur dan mimpi menemukan beberapa wawasan menarik tentang kisah-kisah yang mengunjungi kita di malam hari, dan bagaimana mimpi dapat memiliki fungsi yang spesifik.

Bahkan, sangat khusus, mimpi memiliki fungsi untuk membantu kesehatan dan fungsi kita sehari-hari.

Baca juga: Sering Mimpi Buruk Bisa Jadi Tanda Stres?

Mark Travers, Ph.D., seorang psikolog dari Amerika Serikat yang mendapatkan gelarnya dari Universitas Cornell dan Universitas Colorado Boulder membahas tentang hal ini dalam artikelnya di laman Forbes.

Travers adalahpsikolog utama di Awake Therapy, sebuah perusahaan telehealth yang menyediakan layanan psikoterapi, konseling, dan pelatihan melalui video dan telepon untuk individu di lebih dari 40 negara di seluruh dunia. 

Nah, jika mimpi yang kita alami membuat kebingungan, berikut ini adalah beberapa teori menarik tentang mengapa kita bermimpi, untuk memberikan kejelasan.

1. Mimpi untuk memprediksi masa depan

"Pemikiran masa depan episodik," seperti yang disarankan oleh frasa tersebut, mengacu pada kapasitas otak manusia dalam membayangkan atau mensimulasikan pengalaman yang mungkin terjadi di masa depan.

Hal ini dikaitkan dengan pengambilan keputusan yang lebih baik, regulasi emosional, pembentukan niat, perencanaan, memori prospektif, dan bahkan navigasi spasial.

Sebuah studi tahun 2021 menerapkan "hipotesis simulasi masa depan episodik" pada penelitian mimpi, yang menyoroti bagaimana pikiran kita menggabungkan berbagai fragmen pengalaman masa lalu ke dalam simulasi yang dibayangkan tentang kejadian di masa depan.

Dengan kapasitas otak kita yang canggih untuk memprediksi pola dan probabilitas, mimpi dapat memberikan isyarat emosional dan situasional yang penting, yang dapat menginformasikan respons kita, jika ada versi yang dapat direalisasikan dalam kehidupan nyata.

Para peneliti, menurut Travers, menemukan, mimpi paling sering ditelusuri kembali ke ingatan masa lalu atau terkait dengan peristiwa masa yang akan datang.

Mimpi yang berorientasi pada masa depan akan diambil dari beberapa "sumber bangun" atau peristiwa yang berbeda yang saat ini sedang terjadi dalam hidup, atau telah terjadi di masa lalu.

"Fragmen memori dan simulasi masa depan tersebut digabungkan ke dalam skenario baru yang kita lihat dalam mimpi," kata Travers.

Kita dapat menganggap simulasi ini sebagai latihan untuk pertunjukan yang akan datang, di mana kita adalah sutradara dan juga pemain utama.

Baca juga: Sering Mimpi tentang Ular Saat Tidur, Apa Artinya?

Kita merencanakan dan mengatur acara, mempersiapkan segala sesuatu yang mungkin tidak berjalan dengan baik dan menggunakan pengalaman di masa lalu untuk memastikan bahwa "pertunjukan utama" berjalan dengan sukses.

Ketika dilihat melalui lensa ini, mimpi tampaknya hanyalah upaya lain dari otak untuk memenuhi tujuan utamanya, yaitu memastikan kita aman dan siap menghadapi situasi sulit.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com