Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Cara Mengatasi Rambut Kering yang Bisa Dilakukan di Rumah 

Kompas.com - 14/03/2024, 12:40 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Rambut kering merupakan salah satu permasalahan rambut yang kerap dijumpai. Kondisi rambut kering membuatnya mengembang dan susah diatur. 

Namun tenang saja, karena ada sejumlah cara mengatasi rambut kering. Kamu bisa melakukan perawatan rambut kering tersebut dari rumah tanpa harus pergi ke salon.  

Baca juga:

Melansir dari Medical News Today, rambut kering adalah kondisi di mana rambut tidak dapat mempertahankan kelembapan yang cukup untuk menjaga teksturnya dan kilaunya.

Ada beragam faktor penyebab rambut kering. Mulai dari kurang gizi, paparan sinar matahari berlebihan, mencuci rambut berlebihan, penggunaan produk dan alat penataan rambut, pemakaian produk rambut berbahan keras, maupun penyebab dari sisi medis.

Cara perawatan rambut kering 

Kompas.com merangkum cara mengatasi rambut kering sebagai berikut, seperti dilansir dari Medical News Today dan Healthline. 

Ilustrasi rambut keringpexels.com Ilustrasi rambut kering

1. Oleskan minyak 

Minyak zaitun adalah salah satu obat alami untuk rambut kering. Selain minyak zaitun, sejumlah produk minyak lain yang dapat mengatasi permasalahan rambut tersebut antara lain, minyak kelapa, minyak almond, minyak jarak, minyak jojoba, dan minyak jagung. 

Semua minyak tresebut, kaya akan vitamin E dan antioksidan, sehingga dapat  melembapkan lapisan luar rambut atau kutikula. Caranya, hangatkan setengah cangkir gelas salah satu minyak tersebut, jangan sampai mendidih. 

Kemudian, pijat lembut ke rambut selama beberapa menit. Tutupi rambut dengan handuk hangat.

Diamkan selama 30−45 menit atau semalaman. Setelah itu, keramas dan bilas rambut hingga bersih. Kandungan dalam minyak tersebut diyakini dapat memperkuat dan menambah kilau pada rambut kering.

2. Oleskan masker rambut dari bahan alami 

Tak perlu pergi ke salon, kamu bisa memakai hair mask atau masker rambut dari bahan-bahan alami yang tersedia di rumah. 

Misalnya, campuran telur dan mayones yang mengandung banyak protein, masker campuran yogurt dan minyak, serta masker pasta alpukat yang kaya akan vitamin A dan E, lemak jenuh, dan mineral. 

Kamu juga bisa menggunakan masker rambut alami dari pisang. Buah yang satu ini, tinggi potasium dan kadar air sehingga cocok untuk merawat rambut kering. 

Selain itu, kamu bisa merawat rambut kering di rumah menggunakan minyak hangat seperti tertera pada poin nomor satu. 

3. Gunakan produk perawatan rambut 

Jika enggan membuat masker alami, kamu bisa menggunakan produk perawatan rambut kering. Saat ini, tersedia banyak produk perawatan rambut kering yang bisa digunakan secara mandiri di rumah tanpa harus ke salon. 

Mulai dari sampo, kondisioner, hair tonic, minyak rambut, serum rambut, vitamin rambut, dan masker rambut. 

Baca juga:

4. Konsumsi makanan bernutrisi 

Tidak hanya perawatan dari luar, cara mengatasi rambut kering juga bisa dari dalam tubuh, dengan mengonsumsi makanan bernutrisi. 

Sejumlah kandungan dalam makanan yang bermanfaat bagi kesehatan rambut antara lain omega 3, peptida, dan antioksidan. Makanan yang menjadi sumber omega 3 antara lain ikan salmon, tiram, ikan kembung, ikan tuna, ikan sarden, dan sebagainya. 

Sementara, makanan sumber antioksidan untuk melawan stres oksidatif, yang membuat rambut terlihat lebih tua, seperti kenari, kacang merah, bluberi, brokoli, dan tomat. 

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com