Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/02/2024, 08:00 WIB
Wisnubrata

Editor

KOMPAS.com - Jika kamu memiliki kulit kering atau rambut kusam dan rapuh, kamu pasti ingin segera memperbaikinya dengan mengambil produk yang diklaim dapat melembabkan, menghidrasi, dan merevitalisasi.

Biasanya kita juga mencari produk yang mengandung panthenol, atau vitamin B5, sebagai obat untuk kondisi kulit kering dan rambut kusam ini.

Lalu apa sebenarnya manfaat panthenol bagi rambut dan kulit kita?

“Pantothenol adalah provitamin, yang ketika digunakan secara topikal, seperti dalam produk perawatan rambut atau kulit, akan diubah di dalam tubuh menjadi vitamin B5 yang juga dikenal sebagai asam pantotenat,” jelas pakar dermatologi Taylor Bullock, MD. 

“Pantothenol adalah bahan umum dalam produk perawatan kulit dan rambut, terutama bagi orang-orang yang rentan terhadap kulit dan rambut kering.”

Baca juga: Segudang Manfaat Vitamin B Kompleks untuk Atasi Masalah Kulit

Pantothenol untuk kulit dan rambut

Pantothenol adalah bahan populer yang banyak ditemukan di produk perawatan kulit dan rambut. Kita menemukannya dalam serum perawatan kulit, pelembap, perawatan kulit kepala, produk penataan rambut, dan sampo.

Biasanya produk yang mengandung bahan ini memiliki klaim di kemasannya seperti “memperbaiki”, “menghidrasi”, dan “memperbarui”. 

Pantothenol juga umum didapati pada produk yang digunakan untuk mengobati ruam popok, perawatan setelah berjemur, dan banyak lagi.

“Kulit dan rambut kita mengalami banyak kerusakan – mereka selalu terpapar lingkungan,” kata Dr. Bullock. “Pantothenol dapat membantu melindungi kulit dan rambut dari unsur-unsur tersebut dan meningkatkan proses perbaikan alami tubuh kita.”

Manfaat vitamin B5 untuk kulit dan rambut

Melembabkan dan menghidrasi

Untuk menghidrasi kulit dan rambut, ada tiga jenis bahan yang harus diperhatikan: humektan, emolien, dan oklusif.

Pantothenol adalah jenis bahan pelembab two in one. Ia bertindak sebagai humektan dan emolien.

Apa pengaruhnya bagi kulit dan rambut?

Sebagai humektan, pantothenol membantu menarik air dari lapisan bawah kulit untuk menghidrasi lapisan atas (disebut epidermis).

Humektan juga membantu melepaskan sel-sel kulit mati, memberikan ruang bagi sel-sel baru yang segar dan sehat, serta mampu menarik air dari udara untuk melembabkan kulit dan rambut kita.

Humektan populer lainnya dalam perawatan kulit termasuk asam hialuronat, asam laktat, dan sorbitol. Produk rambut yang ditujukan untuk rambut kering atau rusak biasanya juga mengandung humektan. Yang populer termasuk gliserin, propilen glikol, dan fitantriol.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com