Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Kenampakan Kuku yang Bisa Menunjukkan Kondisi Kesehatan

Kompas.com - 16/03/2024, 12:17 WIB
Wisnubrata

Editor

KOMPAS.com - Kuku adalah salah satu bagian tubuh yang kerap dihias dan dipercantik, terutama oleh para wanita. Namun tahukah kamu bahwa kuku juga bisa menjadi cerminan dari kesehatan kita. 

"Banyak hal yang bisa terjadi pada kuku yang menandakan masalah sistemik atau kulit,” kata dokter kulit Christine Poblete-Lopez, MD. "Perhatikan apa pun di atau sekitar kuku jari tangan atau kaki yang tiba-tiba tampak berbeda, katanya. “Apa pun yang tidak terlihat normal harus diatasi." 

Kondisi kesehatan yang terlihat dari kuku

Berikut enam kondisi yang bisa diperlihatkan kuku mengenai kondisi kita. 

1. Stres

Kuku jari tangan dan kuku kaki berkaitan erat dengan rambut, kata Dr. Poblete-Lopez. Sama seperti rambut yang rontok setelah sakit atau stres berkepanjangan, kuku juga bisa menunjukkan gejala serupa. Seringkali, stres akan menyebabkan munculnya garis-garis dari sisi ke sisi pada kuku.

Baca juga: Kondisi Kuku Cerminkan Kesehatan Tubuh

2. Tahi lalat melanoma

Perubahan warna kuku adalah salah satu keluhan paling umum yang didengar dokter kulit, kata Dr. Poblete-Lopez. Perubahan warna biasanya muncul pada garis-garis yang membentang dari kutikula hingga ujung, dan bisa berupa tahi lalat jinak atau melanoma kanker.

Orang berkulit gelap dan Asia lebih mungkin mengalami perubahan pigmentasi normal yang berhubungan dengan etnis.

Kamu harus berkonsultasi dengan dokter jika kulit di bawah kuku menutupi ujung jari dan muncul warna coklat. Perkembangan ini selalu lebih memprihatinkan jika hanya berdampak pada satu jari dibandingkan seluruh jari. 

Garis coklat yang masuk ke kutikula bisa jadi merupakan tanda melanoma. Perubahan warna yang berhenti di atau sebelum kutikula kemungkinan besar disebabkan oleh tahi lalat.

3. Radang Sendi

Kista kecil yang tumbuh di dekat atau di kutikula mungkin timbul akibat radang sendi. Penyakit ini bersifat jinak (bukan kanker) dan paling baik ditangani oleh ahli bedah tangan.

Baca juga: Tanda Putih di Kuku Bukan Pertanda Ada yang Rindu, Lalu Apa?

4. Psoriasis

Kondisi kulit yang umum ini biasanya ditandai dengan bercak merah dan bersisik, tetapi juga dapat berdampak pada kuku tangan dan kaki, kata Dr. Poblete-Lopez.

Jika kamu mengalami perubahan warna menjadi kuning-merah pada kuku, yang sering disebut “oil drop” atau “salmon patch”, kamu harus berkonsultasi dengan dokter kulit.

Berikut gejala lain yang juga bisa mengindikasikan psoriasis:

  • Lekukan: Torehan atau lubang pada lempeng kuku, yaitu bagian kuku yang keras yang menutupi ujung jari.
  • Garis Beau: Garis yang membentang dari sisi ke sisi melintasi kuku.
  • Penebalan kulit/pelonggaran kuku: Penebalan kulit di bawah kuku, yang dapat membuat kuku terlepas (onikolisis) dari dasar kuku. Ini biasanya dimulai dari ujung dan berlanjut menuju kutikula.
  • Area putih: Bintik putih khas pada kuku, disebut juga leukonychia. (Bintik putih keruh yang terkadang muncul di kuku tangan dan kaki tidak termasuk dalam kategori tersebut, dan tidak perlu dikhawatirkan, menurut Dr. Poblete-Lopez.)
  • Garis hitam: Garis hitam yang membentang dari ujung ke kutikula bisa jadi merupakan gumpalan kecil yang disebut pendarahan serpihan atau kapiler yang melebar dan pecah – gejala potensial psoriasis.
  • Kemerahan: Area yang biasanya pucat di dekat kutikula berubah menjadi merah, yang mungkin disebabkan oleh penyumbatan kapiler, yang merupakan tanda lain dari psoriasis.

5. Penyakit ginjal

Beberapa perubahan kuku dapat mengindikasikan adanya penyakit ginjal akut atau kronis, kata Dr. Poblete-Lopez:

  • Garis Beau: Garis yang menyamping ini bisa menjadi gejala penyakit ginjal akut.
  • Kuku bergerigi: Disebut juga koilonychia, kuku kasar dengan tonjolan dapat terjadi karena adanya penyakit ginjal. Kuku ini juga sering berbentuk sendok dan cekung, dan bisa menunjukkan anemia defisiensi besi.
  • Garis-garis/bintik-bintik putih: Mirip dengan kasus psoriasis, garis-garis putih dan bintik-bintik pada kuku dapat mengindikasikan penyakit ginjal kronis.

Baca juga: Muncul Bintik Putih di Kuku, Apakah Berbahaya?

6. Penyakit Darier

Penyakit Darier adalah kelainan genetik langka yang menyebabkan ruam kulit dan kebanyakan muncul pada masa remaja. Ini muncul di kuku jari tangan dan kaki sebagai garis lebar, putih atau kemerahan yang membentang dari kutikula hingga ujung.

Torehan berbentuk V di dekat ujung jari juga dapat mengindikasikan kondisi ini, kata Dr. Poblete-Lopez.

Tanda diabetes yang bisa dilihat dari kuku.Freepik Tanda diabetes yang bisa dilihat dari kuku.

Pencegahan

Mencegah kondisi mendasar yang berdampak pada kuku tidak selalu memungkinkan, kata Dr. Poblete-Lopez, namun kita dapat merawat kuku dengan tetap terhidrasi dan mengonsumsi makanan yang seimbang. Pastikan mengonsumsi cukup Vitamin B dan seng karena nutrisi tersebut bisa memperkuat kuku.

Dalam banyak kasus, perubahan pada kuku bisa jadi merupakan hal yang normal dan tidak menunjukkan adanya perubahan kesehatan yang tidak terdiagnosis. Namun, jika kamu memiliki pertanyaan, berkonsultasi dengan dokter adalah cara terbaik.

“Beberapa kuku mungkin tidak tampak mulus atau mungkin memiliki garis atau tonjolan memanjang. Selama apa pun yang kamu lihat konsisten di seluruh kuku, kemungkinan besar itu baik-baik saja,” katanya. “Namun, jika ada sesuatu yang tidak biasa, sebaiknya temui dokter kulit.”

Baca juga: 7 Tanda Paru-paru Tidak Sehat, Sesak Napas hingga Kuku Biru

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com