Tanda Putih di Kuku Bukan Pertanda Ada yang Rindu, Lalu Apa?

Kompas.com - 12/08/2020, 10:37 WIB
Ilustrasi garis putih pada kuku shutterstockIlustrasi garis putih pada kuku
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Pernahkah kamu melihat ada titik, garis, atau tanda putih di kukumu? Sebagian besar orang percaya bahwa tanda putih di kuku merupakan anggapan bahwa ada seseorang yang naksir atau merindukanmu. Benarkah demikian?

Meski tidak berisiko membahayakan, tanda putih di kuku sebenarnya merupakan indikasi kondisi tertentu. Dalam istilah medis, tanda putih di kuku tersebut dikenal dengan nama leukonychia.

Leukonychia adalah suatu kondisi di mana muncul garis, titik, atau tanda putih di kuku jari. Kondisi ini umumnya tidak berbahaya dan dapat dialami oleh siapa saja.

Pada sebagian besar orang, tanda putih di kuku mungkin akan muncul berupa titik-titik kecil yang dikenal dengan istilah leukonychia parsial. Terdapat tiga jenis leukonychia parsial, yakni:

  • Leukonychia punctate, yaitu tanda putih di kuku berupa titik-titik kecil. Kondisi ini yang umum dialami oleh banyak orang.
  • Leukonychia longitudinal, yaitu garis putih di bagian ujung permukaan kuku.
  • Leukonychia transverse atau striate, yaitu garis horizontal berwarna putih yang kemunculannya di kuku sejajar dengan lunula. Lunula adalah bentuk setengah lingkaran atau bulan sabit di ujung kuku. Kondisi ini dikenal juga dengan istilah garis Mees.

Namun pada beberapa orang lainnya, tanda putih di kuku dapat berukuran lebih besar dan memenuhi seluruh permukaan kuku. Kondisi medis tersebut disebut dengan leukonychia total.

Garis, titik, dan tanda putih di kuku dapat terjadi pada salah satu kuku atau beberapa kuku jari.

Baca juga: Agar Kuku Tak Rapuh dan Gampang Patah

Penyebab munculnya tanda putih di kuku

Salah satu anggapan yang kerap beredar di masyarakat mengenai kemunculan tanda putih di kuku adalah adanya seseorang yang naksir atau rindu denganmu. Sayangnya, hal tersebut merupakan mitos semata.

Kenyataannya, penyebab munculnya tanda putih di kuku cenderung bervariasi pada setiap orang yang mengalaminya. Berikut adalah beberapa penyebab leukonychia atau tanda putih di kuku yang sebaiknya kamu ketahui.

1. Trauma

Halaman:


Sumber

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X