Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/03/2024, 17:04 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Drama Korea alias drakor seringkali memiliki alur cerita yang menarik untuk disimak.

Tak heran, banyak orang gemar menontonnya bahkan dalam waktu yang lama, atau juga dikenal dengan menonton secara maraton (binge watching).

Sekilas hal ini tampaknya normal dan sering dilakukan oleh sebagian orang, mungkin termasuk kita sendiri, terlebih saat mengisi waktu luang. Namun, menonton drakor atau apapun dalam jangka waktu yang lama dan terus-menerus ternyata bisa memberikan dampak yang kurang baik bagi kehidupan kita sehari-hari.

Baca juga:

Dampak negatif nonton drakor secara maraton

Menurut psikolog klinis Tiara Puspita, terlalu banyak menonton drakor bisa memiliki dampak negatif seperti mengganggu pola tidur, mengurangi produktivitas, menurunkan mood atau suasana hati, dan berpotensi memicu depresi.

"Selain itu, dalam banyak kasus, menonton drakor secara maraton juga bisa membuat seseorang menjadi terlalu terikat emosional dengan dunia yang fiktif," katanya kepada Kompas.com melalui jawaban tertulis pada Kamis (21/3/2024).

Dikutip dari laman Verywell Health, Minggu (24/3/2024), menonton secara maraton juga dapat menyebabkan sejumlah masalah kesehatan seperti diet yang tidak sehat, kelelahan hingga gangguan pada jantung.

Baca juga:

Oleh sebab itu, pastikan kita mencegah dampak negatif ini dengan mengikuti beberapa hal, di antaranya:

  • Menetapkan batas waktu: tentukan jumlah waktu yang tepat untuk menonton drakor setiap malam. Kemudian atur alarm atau pengatur waktu agar kita tetap berada di jalur yang benar.
  • Menemukan keseimbangan: seimbangkan kegiatan menonton dengan kegiatan lain, termasuk olahraga, membaca, melakukan hobi, atau menghabiskan waktu dengan teman.
  • Memastikan waktu tidur yang cukup: menonton secara berlebihan dapat menyebabkan waktu tidur berkurang dan memengaruhi kita keesokan harinya. Jadi, pastikan kita memiliki waktu tidur yang cukup.
  • Hindari makanan atau camilan yang tidak sehat: alih-alih mengonsumsi camilan yang tidak sehat saat menonton, pilihlah camilan yang memiliki nilai gizi lebih. Buah-buahan dan sayuran adalah pilihan yang lebih sehat daripada makanan asin dan berlemak.
@kompas.lifestyle Kalau kalian gimana, lebih suka cowo wangi atau rapi, nih? #lifestyle #tipepasangan #tipecowok #relationship ? original sound - spedxup.audios0
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com