Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Warna Pakaian yang Bisa Membuatmu Tampak Lebih Tua

Kompas.com - 25/03/2024, 08:57 WIB
Wisnubrata

Editor

Sumber Best Life

KOMPAS.com - Isi lemari pakaian kita dapat membantu mengekspresikan kepribadian kita. Meski begitu, seiring bertambahnya usia, selera gaya pribadi kita bisa jadi berubah. Dan memilih warna yang tepat akan sangat membantu dalam menyempurnakan penampilan agar lebih percaya diri. 

Namun, para stylist mengatakan bahwa warna yang salah dapat menimbulkan efek sebaliknya. Alih-alih menonjolkan fitur terbaik kita, warna-warna ini justru dapat membuat kita terlihat lebih tua. Lalu apa saja warna yang sebaiknya dihindari?

Baca juga: 10 Gaya Jeans yang Bisa Bikin Kamu Terlihat Tua

Warna yang membuat kita tampak lebih tua

1. Memakai hitam atau abu-abu secara berlebihan

Perempuan memakai baju serba hitam.PIXABAY/xusenru Perempuan memakai baju serba hitam.
Hitam dan abu-abu sama-sama dianggap klasik, dn merupakan warna yang wajib dimiliki di lemari pakaian, kata Yenia Hernández Fonseca, penata gaya, pemerhati mode, dan kontributor Margo Paige.

Namun, dia memperingatkan bahwa terlalu banyak mengandalkan warna-warna ini dapat membuat kita tampak tua.

“Meskipun warnanya sangat serbaguna, penggunaan warna hitam dan abu-abu secara berlebihan memberikan bayangan tajam di sekitar wajah dan dapat menonjolkan garis-garis halus,” jelasnya.

Namun, Fonseca mencatat bahwa ini bukan berarti kita harus menghilangkan warna-warna pokok ini dari lemari pakaian sepenuhnya.

“Daripada menghindari warna-warna ini sama sekali, padukan dengan warna yang melembutkan, misalnya dengan syal krem, atasan warna cokelat camel, atau perhiasan dengan warna dalam untuk memberikan kehangatan pada kulit kita,” sarannya.

Brenda Cooper, seorang penata busana dan perancang kostum, mengatakan memilih warna yang tepat juga dapat membuat perbedaan besar.

"Kunci menggunakan warna hitam agar tampak keren terletak pada bagaimana kita menemukan warna yang tepat. Bagi mereka yang memiliki rambut dan kulit cerah , warna hitam arang yang lembut dapat menghasilkan keajaiban, membuat kulit tampak bercahaya."

Baca juga: 5 Sepatu yang Bikin Penampilan Kamu Terlihat Tua

2. Warna pastel yang lembut

Ilustrasi perempuan Ilustrasi perempuan
Fonseca memperingatkan bahwa mengenakan warna-warna pastel yang lembut juga dapat membuat kita terlihat lebih tua karena menonjolkan perubahan pada kulit dan mata.

“Meski cantik dan segar, warna pastel yang lembut bisa membuat mata kita terlihat cekung,” ujarnya pada Best Life. 

"Orang yang lebih tua secara alami mengembangkan sklera atau 'bagian putih' mata yang berkurang seiring bertambahnya usia. Kelopak mata menjadi berpigmen dan melasma mungkin muncul. Nah, warna pastel dapat meningkatkan kenampakan itu, jadi sebaiknya hindari."

3. Warna beige netral

Ilustrasi perempuan Ilustrasi perempuan
Warna-warna netral dapat memberikan tampilan canggih dan klasik pada lemari pakaian, namun Fonseca mengatakan warna-warna tersebut juga dapat menjadi bumerang karena membuat kita terlihat kusam dan lebih tua dari usia sebenarnya.

“Warna-warna seperti nude dan blush dapat membuat kita terlihat tidak sehat dan tampak seperti emak-emak,” katanya. Untuk mengakalinya, dia menyarankan untuk menyeimbangkan tampilan dengan warna yang lebih gelap.

Baca juga: Cara Menemukan Warna yang Cocok Untukmu

4. Pink salmon

Ilustrasi perempuan Ilustrasi perempuan
Meskipun kamu mungkin lebih memilih warna-warna lembut seiring bertambahnya usia, ini tidak berarti kamu harus membuang warna-warna berani. Namun, Cooper mencatat bahwa ada satu warna berani yang biasanya kurang cocok untuk menyembunyikan usia: pink salmon.

"Walaupun warna pink salmon terlihat indah secara visual, namun warna cerah ini dapat memberikan kilau neon pada kulit, menonjolkan kemerahan atau ketidaksempurnaan," kata Cooper. "Hati-hati juga dengan potensinya menambah kesan gemuk pada wajah."

5 Nuansa ungu yang tidak menarik

Ilustrasi pakaian warna ungu untuk ke kantor.SHUTTERSTOCK/WRANGLER Ilustrasi pakaian warna ungu untuk ke kantor.
Beberapa warna lebih sulit untuk dipakai dibandingkan yang lain, dan ungu termasuk salah satunya. Misalnya, jika kamu memilih atasan berwarna ungu dengan bawahan abu-abu, ini dapat membuat kulit terlihat kusam dan tidak segar.

“Ungu, jika dipilih dengan tepat, dapat memancarkan keanggunan dan kecanggihan,” kata Cooper. "Namun, warna ungu yang salah dapat menghasilkan bayangan yang tidak menarik, membuat kita terlihat lelah dan tidak bersemangat."

"Hindari warna yang membuat kulit dan bibir menjadi ungu, sehingga menarik perhatian pada ketidaksempurnaan. Pilihlah warna ungu yang menyempurnakan fitur dan menghidupkan penampilan."

Baca juga: 5 Kombinasi Warna yang Tidak Disarankan Dipakai Bersamaan

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com