Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/04/2024, 09:40 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Masyarakat Indonesia pada umumnya mengenakan baju koko saat Lebaran. Selain hari raya, baju koko juga kerap dikenakan muslim laki-laki saat shalat maupun menghadiri acara keagamaan. 

Meskipun identik dengan baju muslim, ternyata baju koko berasal dari China. Lantas, bagaimana sejarah dan apa makna nama baju koko? Simak ulasannya berikut ini. 

Baca juga: Tak Harus Koko, Laki-laki Bisa Pakai 2 Baju Ini untuk Lebaran

Glenn Wijaya, Pembina di Dewan Pimpinan Wilayah Ikatan Pemuda Tionghoa Indonesia (IPTI) Provinsi DKI Jakarta, mengatakan baju koko berasal dari baju thui khim yang merupakan baju sehari-hari warga Tionghoa. 

“Baju koko itu berasal dari baju thui khim, dalam bahasa hokkien, atau kalau bahasa mandarin harusnya dui jin shan,” ujarnya saat dikonfirmasi Kompas.com, Kamis (4/4/2024). 

Lantas, apa makna nama baju koko? 


Baju koko premium dari Intresse, rekomendasi baju koko premiumShopee Intresse Official Store Baju koko premium dari Intresse, rekomendasi baju koko premium

Ada sejarah unik mengenai asal nama baju koko. Glenn menuturkan nama baju koko diperkirakan muncul lantaran pemakainya terdahulu adalah engko-engko Tionghoa. Lambat laun, penyebutannya menjadi baju koko dalam bahasa Indonesia. 

“Nama baju koko karena banyak yang pake engkong-engkong Tionghoa zaman dulu,” tutur Glenn. 

Mengutip Kompas.com (10/5/2021), diduga awal mula istilah baju koko muncul karena warga Tionghoa yang menggunakan baju thui khim tersebut dikenal sebagai engko-engko.

Dalam bahasa Indonesia, panggilan tersebut berkembang menjadi koko, sehingga baju yang dikenakan disebut baju koko. 

Baca juga: 6 Rekomendasi Baju Koko Laki-laki Lengan Panjang buat Lebaran

Lantas, kenapa baju koko jadi identik dengan pakaian muslim padahal berasal dari Tionghoa? 

Glenn menuturkan, baju muslim awalnya menyerupai model baju Surjan yang merupakan baju tradisional Jawa. Melansir Kompas.com (10/5/2021), nama Surjan berasal dari dua suku kata, yaitu “su" dan "ja". 

Artinya adalah nglungsur wontern jaja atau meluncur melalui dada. Oleh sebab itu, baju Surjan ini memiliki panjang yang sama di bagian depan dan belakang.

Kemudian, saat etnis Tionghoa memasuki Indonesia, baju Surjan tersebut mendapatkan pengaruh dari baju thui khim yang dipakai oleh warga Tionghoa. 

“Kenapa koko itu identik sama baju muslim? Sebab, pertama modelnya pas, menutup aurat dan sopan sekali, dan bahannya itu longgar, nyaman. Jadi, dari dulu itu pas untuk iklim tropis seperti di Indonesia,” paparnya.

Ilustrasi baju koko lengan panjangShutterstock/Gatot Adri Ilustrasi baju koko lengan panjang

Untuk diketahui, kedatangan warga Tionghoa ke Indonesia pertama kali yakni awal abad ke-5 masehi, sekitar tahun 414.  Warga Tionghoa yang melakukan perjalanan ke India terdampar di Jawa, kemudian mulai berdagang. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com