Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hindari Rasa Malas, Ini Manfaat Jalan Kaki untuk Kesehatan

Kompas.com - 20/04/2024, 08:38 WIB
Wisnubrata

Editor

Sumber Today

KOMPAS.com - Berjalan kaki sering disebut sebagai olahraga yang murah dan mudah. Kita bisa melakukannya di mana saja, kapan saja, dan mungkin hanya perlu sepatu, atau bisa juga sama sekali tidak mengenakan alas kaki.

Selain membantu menurunkan berat badan, jalan kaki juga dipercaya bisa meningkatkan kesehatan jantung, pencernaan, bahkan memperpanjang umur seseorang.

“Berjalan kaki merupakan pilihan ideal dalam hal aktivitas fisik. Tidak memerlukan keahlian khusus — semua orang tahu cara berjalan, dan termasuk olahraga low impact yang aman,” ujar Dr. Cedric Bryant, presiden dan kepala sains di American Council on Latihan, seperti dikutip Today.com.

Baca juga: Jalan Kaki hingga Bersepeda, 5 Olahraga yang Bikin Umur Panjang

Tentu saja, kita mungkin sangat sibuk dan tergoda untuk tidur beberapa menit lebih lama daripada bangun dan  berolahraga. Tapi berjalan kaki sepadan untuk dilakukan. Dan bila kamu masih ragu, lihatlah manfaat jalan kaki untuk kesehatan fisik dan mental berikut ini:

Manfaat fisik berjalan kaki

“Banyak sistem tubuh yang mendapat manfaat dari berjalan kaki,” kata Bryant. Jalan kaki dapat membantu:

  • Meningkatkan kesehatan dan fungsi kardiovaskular
  • Meningkatkan kapasitas aerobik 
  • Memperbaiki tekanan darah
  • Mengontrol gula darah dan mengurangi risiko diabetes
  • Meningkatkan metabolisme 
  • Mempertahankan atau mengurangi berat badan 
  • Mengurangi risiko osteoartritis 
  • Mempertahankan mobilitas

Departemen Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan AS merekomendasikan latihan aerobik intensitas sedang selama 150 hingga 300 menit seminggu, jadi jalan cepat selama 30 menit selama lima hari seminggu akan membawa kita ke batas bawah kisaran tersebut.

Jika kamu berjalan kaki untuk mengatur berat badan atau menurunkan berat badan, kamu bisa berjalan lebih lama atau lebih cepat.

Jika kamu tidak punya banyak waktu di pagi hari misalnya, kamu dapat membagi aktivitas ini di sore hari, misalnya jalan kaki 20 menit di pagi hari dan 20 menit di sore hari.

Setelah kamu terbiasa rutin jalan kaki dan ingin membuat jalan kaki lebih menantang, coba kenakan rompi berbobot atau berjalan di medan yang menanjak, kata Bryant.

Baca juga: 6 Latihan Jalan Kaki Terbaik untuk Menurunkan Berat Badan

Ilustrasi jalan kaki tanpa alas kaki.erlobrown Ilustrasi jalan kaki tanpa alas kaki.

Manfaat berjalan kaki ntuk kesehatan mental

Selain baik untuk fisik, jalan kaki dapat membantu meningkatkan kesehatan psikologis dan mental kita, terutama jika kita berjalan kaki di luar ruangan.

“Berjalan di luar, berada di alam terbuka, memungkinkan kita untuk melakukan pngendapan dan meditasi, memahami apa yang sedang terjadi, dan fokus kembali,” ujar Dr. Mark A. Slabaugh, ahli bedah kedokteran olahraga ortopedi di Mercy Medical Center di Baltimore, Maryland. 

“Menurut pengalaman saya, jalan kaki di luar ruangan membantu kita untuk bisa bermeditasi, memahami pikiran, sekaligus bersantai.”

Bryant juga sepakat soal manfaat berjalan di luar ruangan: “Ada begitu banyak manfaat luar biasa dalam hal mendapatkan pengalaman positif, perubahan pemandangan, dan mendapatkan sinar matahari serta udara segar,” katanya.

Baca juga: Rutin Jalan Kaki di Pagi Hari, Rasakan 10 Manfaatnya

Berjalan-jalan dengan anggota keluarga atau teman, juga memberi manfaat sosialisasi yang baik untuk kesehatan mental.

Selain itu, menurut penelitian, jalan kaki juga dapat membantu menjernihkan pikiran dan meningkatkan kreativitas. “Saya menggunakan jalan kaki untuk mencari inpirasi ketika saya menulis artikel atau mengedit buku — ketika saya mengalami kebuntuan, saya keluar dan berjalan,” kata Bryant.

Kebiasaan yang sulit dihilangkan

Begitu memulai kebiasaan berjalan kaki, kamu mungkin akan menyadari bahwa kamu sangat menyukainya sehingga selalu ingin melakukannya. 

“Beberapa orang bahkan ingin lebih. Mereka yang tadinya berjalan kaki selama lima menit, mungkin ingin menambahnya menjadi 10 menit,” kata Slabaugh. 

“Tren peningkatan yang baik ini membantu kita dalam banyak hal.” Kamu akan lebih termotivasi, memiliki kesehatan mental yang lebih baik, membuat keputusan makanan yang lebih baik, dan membuat pilihan positif yang mempertahankan kebiasaan berjalan.

Baca juga: 8 Tips agar Jalan Kaki Lebih Menyenangkan

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com