Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lego Buka Toko Terbesar Se-Asia Tenggara di Indonesia

Kompas.com - 22/05/2024, 22:03 WIB
Wisnubrata

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com — Permainan balok susun Lego tentu sudah tidak asing bagi kita karena tokonya tersebar di banyak tempat di Indonesia. Namun, perkembangan Indonesia yang dianggap makin penting di dunia membuat perusahaan asal Denmark ini membuka kantor resmi sekaligus membuka toko terbesar se-Asia Tenggara di Jakarta.

Toko yang berada di Senayan City ini merupakan bagian dari serangkaian komitmen Lego untuk memperkuat kehadirannya di Indonesia. Termasuk di antaranya adalah donasi sebesar 1 juta dollar AS atau senilai Rp 15,9 miliar untuk mendukung pertumbuhan anak Indonesia, lima toko baru tambahan di seluruh Indonesia, dan kantor layanan baru di Jakarta guna memperkuat kerja sama dengan para mitra lokal.

Baca juga: 5 Fakta Menarik tentang Lego, Sudah Tahu?

Peresmian toko Lego terbesar di Asia Tenggara yang berada di Senayan City, Jakarta Peresmian toko Lego terbesar di Asia Tenggara yang berada di Senayan City, Jakarta
Senior Vice President Asia Pacific The Lego Group, Claus Kristensen, mengatakan, “Ini adalah tonggak penting perjalanan The Lego Group dalam menyebarkan kegembiraan dan kreativitas di seluruh Indonesia. Dengan potensi pasar di Indonesia yang dinamis dan terus berkembang, kami berharap ini dapat memperkuat kehadiran kami, menjangkau lebih banyak anak, dan menginspirasi para pembangun masa depan.”

“Kami telah hadir di Indonesia selama lebih dari 10 tahun melalui berbagai mitra distribusi dan manufaktur serta telah mendapatkan dukungan yang kuat terhadap merek dan bisnis kami. Kami berharap hal ini akan terus berlanjut seiring dengan ekspansi kami ke depannya,” tambah Kristensen saat meresmikan toko baru, Selasa (21/5/2024). 

Toko seluas 365 meter persegi yang berlokasi di Senayan City, Jakarta, ini menyediakan lebih banyak koleksi dan pengalaman bagi pengunjung, salah satunya Lego Minifigure Factory pertama di Asia Tenggara, di mana pengunjung dapat membuat minifigures yang dapat dikostumisasi. 

Pengunjung bisa membuat minifigure yang dikustomisasi di toko Lego terbesar di Asia Tenggara yang berada di Senayan City, Jakarta Pengunjung bisa membuat minifigure yang dikustomisasi di toko Lego terbesar di Asia Tenggara yang berada di Senayan City, Jakarta
Toko ini juga menampilkan satu-satunya model balok Lego 3D dari landmark ikonik Indonesia, seperti Monumen Nasional (Monas), bus Transjakarta, MRT, dan Ondel-Ondel, serta dinding mosaik tiruan dari Monumen Selamat Datang yang terbuat dari 21.562 balok Lego setinggi tiga meter. 

Toko Lego terbaru ini merupakan satu dari enam toko yang akan diresmikan di tahun 2024, sehingga jumlah totalnya akan menjadi 26 toko yang tersebar di 9 kota di Indonesia. Jumlah ini belum termasuk 300 para mitra ritel yang menjual produk Lego seperti toko mainan, department store, dan toko online resmi. 

Kristensen mengatakan, “Melalui upaya kami dalam mengembangkan jaringan toko Lego di seluruh Indonesia, kami ingin meningkatkan peluang bagi anak Indonesia untuk mengakses permainan Lego, sekaligus menyediakan kesempatan kerja untuk masyarakat Indonesia melalui berbagai mitra ritel kami.”

Susunan balok menggambarkan Tugu Selamat Datang, Bundaran HI di toko Lego terbesar di Asia Tenggara yang berada di Senayan City, JakartaKompas.com/Wisnubrata Susunan balok menggambarkan Tugu Selamat Datang, Bundaran HI di toko Lego terbesar di Asia Tenggara yang berada di Senayan City, Jakarta
Dalam kesempatan yang sama, The Lego Group mengumumkan komitmennya dalam memberi bantuan dana sebesar 1 juta dollar AS melalui Lego Foundation selama tiga tahun untuk mendukung inisiatif yang khusus dirancang untuk membantu anak-anak mendapatkan akses yang lebih mudah untuk belajar sambil bermain. 

Sebanyak 90 persen dari orangtua di seluruh dunia menyatakan bahwa bermain Lego telah membantu anak mereka dalam mengembangkan keterampilan hidup yang penting, seperti kreativitas (93 persen), komunikasi (92 persen), pemecahan masalah (92 persen), serta kepercayaan diri (91 persen).  

Manfaat dari belajar melalui bermain juga telah diakui sebagai elemen penting dalam pendidikan anak oleh Pemerintah Indonesia yang juga tertuang dalam resolusi PBB baru-baru ini yang menetapkan adanya Hari Bermain Internasional. Inisiatif global baru ini menekankan bahwa semua anak untuk mempunyai hak untuk mempunyai akses untuk bermain.

Baca juga: Manfaat Bermain Balok Susun Mobil bagi Anak dan Orangtua

Ke depannya, donasi ini akan mendukung berbagai organisasi sosial seperti SOS Children Village, Save the Children Indonesia, Plan Indonesia, dan Ludere Nusantara Gemilang untuk menghadirkan konsep pembelajaran melalui kegiatan bermain kepada anak-anak yang kurang mampu guna memaksimalkan hasil belajar anak dan meningkatkan kesejahteraan mereka. 

The Lego Group juga telah menjalin kemitraan dengan organisasi-organisasi ini dan telah menjangkau lebih dari 17.450 anak di 100 sekolah dalam waktu 13 bulan terakhir melalui berbagai kegiatan

Sebagai bagian dari komitmen untuk membangun kehadiran lokal dan mendorong pertumbuhan berkelanjutan di Indonesia, The Lego Group juga membuka kantor layanan di Jakarta dan mengumumkan Cedric Roose sebagai General Manager, India & Emerging Asia (IEA), yang bertanggung jawab atas ekspansi dari presensi perusahaan di Indonesia.

"Kantor ini akan membuat kami lebih memahami pasar, mengerti lebih jauh pelanggannya, dan juga menjalin kerja sama lebih baik dengan para partner di sini," papar Kristensen.

Lego juga membuka lokasi manufaktur untuk beberapa komponen Lego, terutama komponen elektronik untuk Lego Technic, dan ke depannya tidak menutup kemungkinan untuk memperluas produksi lain di Indonesia.

Baca juga: Menggali Kreativitas Anak dengan Permainan Susun Balok

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com