Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/06/2024, 10:54 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

KOMPAS.com - Apakah bersepeda bisa mengecilkan perut? Pertanyaan ini mungkin pernah muncul di benak sebagian orang yang ingin lemak perutnya segera hilang dan kebetulan juga senang bersepeda.

Faktanya, secara umum kita tidak bisa menargetkan penurunan lemak di area tubuh tertentu saja, melainkan mesti secara keseluruhan.

Namun, sama seperti olahraga lainnya, bersepeda tentu memiliki beragam manfaat kesehatan, termasuk membantu menurunkan lemak.

Baca juga: 7 Hal yang Terjadi pada Tubuh karena Bersepeda

Lebih jauh tentang lemak perut dan bersepeda, simak ulasan singkat berikut, seperti dilansir MedicineNet.

Apakah bersepeda bisa mengecilkan perut?

Ya, bersepeda bisa mengecilkan perut atau membantu meluruhkan lemak di area perut.

Namun, tentu butuh waktu untuk melihat hasilnya.

Sebuah studi terbaru menemukan bahwa bersepeda secara rutin bisa membantu menurunkan lemak tubuh secara keseluruhan dan meningkatkan peluang memiliki berat badan sehat.

Untuk mengecilkan perut, olahraga aerobik intensitas sedang seperti bersepeda, baik dalam maupun luar ruang, ditemukan cukup efektif.

Baca juga:

Bersamaan dengan ini, bersepeda juga memiliki manfaat lain berkaitan dengan mengurangi lemak tubuh, seperti menjaga berat badan ideal, menurunkan resistensi insulin, serta meningkatkan lemak baik.

Tidak sulit untuk mengecilkan perut dengan bersepeda. Kendati demikian, diperlukan konsistensi dan tekad kuat karena memerlukan waktu untuk melihat hasilnya.

Selain itu, penting untuk menggabungkannha dengan olahraga lain yang juga membantu menurunkan berat badan, seperti latihan kekuatan, yoga, dan zumba.

Pola makan dan istirahat juga perlu diperhatikan.

Hindari mengonsumsi makanan tinggi gula dan lemak jenuh, serta meningkatkan asupan protein (seperti telur dan daging ayam), sayuran hijau, dan lemak sehat (seperti ikan-ikanan).

 
 
 
Sieh dir diesen Beitrag auf Instagram an
 
 
 

Ein Beitrag geteilt von KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com