Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bisa Menurunkan Berat Badan 7 Kg dalam Seminggu, Apakah Diet GM Aman?

Kompas.com - 06/06/2024, 12:12 WIB
Wisnubrata

Editor

Sumber Eat This

KOMPAS.com - Kamu mungkin pernah mendengar tentang diet kilat yang menjanjikan penurunan berat badan dengan cepat. Diantaranya adalah diet General Motors (GM), yang diklaim bisa menurunkan berat badan sebanyak 7 kg dalam waktu satu minggu melalui pembatasan kalori secara drastis. 

Meskipun gagasan untuk menurunkan berat badan dengan cepat memang menggoda, sangat penting untuk mengetahui apakah pola makan itu aman dan berkelanjutan. 

Destini Moody, RDN, CSSD, LD, ahli diet di Garage Gym Reviews, menjelaskan cara kerja diet GM, makanan apa yang boleh dimakan, dan apakah diet tersebut aman dan berkelanjutan.

Diet yang dengan cepat bisa menurunkan berat badan sering kali menarik perhatian kita karena menjanjikan hasil yang seketika. Namun, dampaknya terhadap kesehatan jangka panjang tidak boleh diabaikan. 

Baca juga: Diet GM, Cara Cepat Turun Berat Badan Dalam 7 Hari

Menurut National Institutes of Health, risiko yang terkait dengan penurunan berat badan berlebihan akibat diet termasuk kekurangan nutrisi, ketidakseimbangan elektrolit, kelelahan, sakit kepala, dan kram.

Sebelum menerapkan rencana diet apa pun, penting untuk mempertimbangkan manfaat jangka pendek dan konsekuensi jangka panjang untuk memastikan kita membuat pilihan terbaik untuk kesehatan.

Apa diet GM itu?

Diet GM adalah rencana penurunan berat badan tujuh hari yang diklaim dapat membantu menurunkan berat badan hingga 7 kg dalam seminggu.

General Motors disebut menciptakan pola makan ini pada tahun 1985 bagi karyawannya untuk meningkatkan kesehatan dan produktivitas, meskipun cerita asal usul ini lebih merupakan mitos daripada fakta.

Pola makan ini disusun dengan mengonsumsi kelompok makanan tertentu setiap hari dalam seminggu untuk mendetoksifikasi tubuh, meningkatkan metabolisme, dan memulai penurunan berat badan.

Selain itu, pola makan ini menekankan pada konsumsi banyak sayur-sayuran dan buah-buahan serta tetap terhidrasi dengan cukup.

Baca juga: Bagaimana Diet Meniru Puasa Bisa Membuat Panjang Umur

Ilustrasi diet plant basedUnsplash Ilustrasi diet plant based

Makanan apa yang bisa kita makan pada diet GM?

Diet GM memiliki jadwal makan harian yang ketat. Pada Hari ke-1, kamu hanya mengonsumsi buah-buahan, kecuali pisang. Hari ke-2 hanya mengkonsumsi sayuran, dengan fokus pada sayuran mentah atau dimasak. Hari ke-3 menggabungkan buah-buahan dan sayuran, tidak termasuk pisang dan kentang. 

Hari ke-empat memperbolehkan konsumsi susu dan pisang. Pada Hari ke-5, kamu diperbolehkan mengonsumsi daging tanpa lemak dalam porsi terbatas, seperti ayam atau ikan, dan tomat.

Hari ke-6 melibatkan porsi daging tanpa lemak yang terbatas dan sayuran yang tidak terbatas (tidak termasuk kentang). Hari ke 7 diakhiri dengan buah-buahan, sayuran, nasi merah, dan jus buah.

Tidak semua orang setuju dengan struktur diet GM. Moody berkata, "Selama 10 tahun saya berlatih dan mempelajari nutrisi, saya tidak dapat mengambil dasar pemikiran yang masuk akal dari struktur pola makan ini. Sepertinya seseorang mengarang semua ini entah dari mana dan mempostingnya di Internet."

Baca juga: Jangan Asal Ikuti Diet ala Selebritas, Ini 5 Alasannya

Apakah diet GM membantu menurunkan berat badan?

Diet GM dapat membantu menurunkan berat badan dengan cepat karena makanannya yang rendah kalori dan tinggi kandungan air. Namun, penurunan berat badan yang cepat terutama disebabkan oleh berat air dan glikogen, akan kembali normal setelah kita melanjutkan kebiasaan makan biasa. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com