Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/01/2024, 11:01 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Ada beragam cara diet yang diklaim efektif menurunkan berat badan. Namun demikian, kamu perlu mengetahui cara diet sehat yang aman bagi tubuh. 

Sebab, jika kamu memilih pola diet yang asal justru dapat membahayakan tubuh. Meskipun diet mengurangi asupan kalori, namun tubuh masih membutuhkan makanan bergizi dan bernutrisi. 

Baca juga:

Cara diet sehat 

Berikut cara diet sehat yang aman bagi tubuh dilansir dari Healthline, Mayo Clinic, dan Everyday Health.

1. Makan sayuran dan buah-buahan 

Ilustrasi diet sehat yang aman bagi tubuh.Unsplash Ilustrasi diet sehat yang aman bagi tubuh.

Kunci diet sehat adalah makan sayuran dan buah-buahan lebih banyak, dilansir dari Mayo Clinic. Sebab, keduanya merupakan sumber vitamin dan mineral yang baik. 

Selain itu, sayur dan buah juga rendah kalori dan kaya serat pangan. Jadi, mengonsumsi lebih banyak buah dan sayuran dapat membantu kamu mengurangi makanan berkalori tinggi, seperti daging, keju, dan camilan. 

Karenanya, resep menu diet sehat memiliki komposisi sayuran dan buah lebih banyak. 

2. Makan pelan-pelan 

Melansir dari Healthline, kecepatan seseorang mengunyah bisa mempengaruhi berapa banyak makanan yang dikonsumsi, pada akhirnya dapat berdampak pada berat badan. 

Penelitian menunjukkan, orang yang mengunyah makananan dengan cepat cenderung makan lebih banyak, sehingga memiliki indeks massa tubuh (BMI) lebih tinggi dibandingkan orang yang makan lambat.

Hasil penelitian lainnya juga mengonfirmasi bahwa, mengunyah makananan secara perlahan dapat mengurangi jumlah kalori yang dikonsumsi, sehingga bisa menurunkan berat badan.

Rata-rata mengunyah makanan yang disarankan adalah 32 kali. Namun, untuk makanan yang lebih sulit halus seperti daging butuh hingga 40 kali mengunyah. Sebaliknya, makanan dengan tekstur lebih lembut cukup 10-15 kali mengunyah. 

3. Kurangi garam dan gula

Ilustrasi garam, berikut diet sehat yang aman bagi tubuhiStockphoto/Sebalos Ilustrasi garam, berikut diet sehat yang aman bagi tubuh

Konsumsi terlalu banyak garam atau natrium dapat menyebabkan tekanan darah tinggi dan penyakit jantung, dilansir dari Mayo Clinic. Oleh sebab itu, membatasi konsumsi garam adalah bagian penting dari pola makan dan diet sehat. 

American Heart Association merekomendasikan bahwa orang dewasa sebaiknya mengonsumsi garam tidak lebih dari 2.300 miligram (mg) per hari, atau sekitar satu sendok teh. 

Sementara, idealnya orang dewasa mengonsumsi tidak lebih dari 1.500 mg garam per hari. Untuk mengatur konsumsi garam, kamu bisa memasak menu diet sehat sendiri. 

Selain garam, kamu juga perlu membatasi asupan gula. Menurut Kementerian Kesehatan RI, batas konsumsi gula harian, sekitar 50 gram atau setara dengan 5-9 sendok teh, dilansir dari Gramedia.com. 

4. Kurangi makanan olahan 

Ilustrasi makanan olahan, berikut diet sehat yang aman bagi tubuh Rajesh TP Ilustrasi makanan olahan, berikut diet sehat yang aman bagi tubuh

Selain mengurangi garam, kamu juga perlu mengurangi konsumsi makanan olahan atau ultra-processed foods. Sebaiknya, konsumsi makanan utuh atau whole food, yakni makanan minim proses pengolahan dan tidak mengubah bentuk asli dari bahan makanan itu sendiri.

Sebab, ultra-processed foods tinggi kalori karena sudah mendapatkan banyak tambahan bahan-bahan yang tidak mendukung pola diet sehat

Ultra-processed foods cenderung mengandung tambahan gula, lemak, dan garam dalam jumlah besar. Penelitian menunjukkan bahwa orang dapat mengonsumsi hingga 500 kalori lebih setiap hari ketika mereka makanan ultra-processed foods,” ujar Konsultan Nutrisi dari Illinois, Christine M. Palumbo, dilansir dari Everyday Health

Baca juga:

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com