Resolusi Tahun Baru Ini Bisa Kurangi Kanker - Kompas.com

Resolusi Tahun Baru Ini Bisa Kurangi Kanker

Nabilla Tashandra
Kompas.com - 09/01/2018, 19:12 WIB
Seorang pelancong jogging di tepi pantai seiring terbenamnya matahari di anak-anak bermain-main di pantai saat senja di Seminyak, Bali, Sabtu (18/2/2017).
KOMPAS/MOHAMMAD HILMI FAIQ Seorang pelancong jogging di tepi pantai seiring terbenamnya matahari di anak-anak bermain-main di pantai saat senja di Seminyak, Bali, Sabtu (18/2/2017).

KOMPAS.com — Menjalani hidup sehat menjadi salah satu resolusi tahun baru yang dimiliki kebanyakan orang. Namun, sering kali motivasi menjalani gaya hidup sehat menurun seiring waktu. Hal itu terutama jika kita tiba pada hari-hari libur.

Jika hal itu terjadi, ada beberapa hal yang bisa membuat kita tetap teguh menjalani hidup sehat. Sebab, kebiasaan menjaga hidup sehat bisa mengurangi risiko terkena penyakit kanker hingga 8 persen atau lebih.

Para peneliti dari Inggris menelusuri gaya hidup lebih dari 300.000 orang dewasa dalam lima tahun. Para relawan melaporkan apakah mereka membatasi konsumsi alkohol, berhenti merokok, olahraga, menjalani diet sehat, dan menjaga berat badan.

Para peneliti melihat hasil yang menjanjikan dari lima gaya hidup sehat tersebut dengan risiko penyakit kanker.

Berkomitmen pada gaya hidup sehat ternyata mampu mengurangi risiko kanker hingga sepertiga dan mengurangi risiko kematian karena kanker.

Menerapkan gaya hidup sehat secara total memang rasanya masih sulit dan tak realistis. Tapi jangan khawatir, setiap kebiasaan sehat dikaitkan dengan penurunan risiko kanker sebanyak 8 persen.

Jadi, jika kita sudah bertekad untuk berolahraga dan pergi ke gym tanpa mengonsumsi makanan cepat saji, fokus pada tekad tersebut bisa membawa keuntungan besar bagi kesehatan.

Ketua peneliti, Peter Elwood, menyampaikan bahwa melakukan satu kebiasaan sehat pun sudah cukup efektif untuk mengurangi risiko kanker.

"Gratis, tidak menimbulkan efek samping dan lebih baik dari mengonsumsi obat (diet)," ujar Peter.

PenulisNabilla Tashandra
EditorLusia Kus Anna
Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM