Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 15/01/2018, 05:15 WIB

KOMPAS.com - Teh adalah minuman yang sering dikaitkan dengan banyak manfaat kesehatan, termasuk melindungi sel dari kerusakan dan mengurangi risiko penyakit jantung.

Beberapa penelitian bahkan menemukan manfaat teh untuk menurunkan berat badan dan membakar lemak perut. Apa saja jenis teh tersebut?

1. Teh hijau

Teh hijau adalah salah satu jenis teh yang paling efektif untuk menurunkan berat badan dan membakar lemak. Teh hijau mengandung antioksidan katekin yang dapat meningkatkan metabolisme tubuh untuk memperpercepat pembakaran lemak.

Manfaat teh hijau ini dibuktikan oleh sebuah penelitian tahun 2008 yang dimuat dalam jurnal Physiology of Behavior setelah mengamati 60 orang obesitas yang diminta berdiet. Sebagian dari mereka diminta rutin minum teh hijau selama 12 minggu.

Hasilnya, orang-orang yang rutin berdiet sembari minum teh hijau mengalami penurunan berat badan hingga 3,3 kilogram lebih banyak daripada yang hanya berdiet saja.

Penelitian lain dengan rentang waktu percobaan yang sama juga melaporkan hal serupa. Bahkan penelitian ini juga menemukan bahwa teh hijau ikut memangkas lebar lingkar pinggang secara dramatis.

Baca juga : Berapa Banyak Teh Hijau yang Sebaiknya Dikonsumsi Per Hari?

2. Teh hitam

Beberapa penelitian menemukan bahwa teh hitam efektif untuk menurunkan berat badan. Salah satu penelitian yang dilakukan terhadap 111 orang menemukan bahwa minum tiga cangkir teh hitam setiap hari selama tiga bulan secara signifikan meningkatkan penurunan berat badan.

Selain itu, teh hitam juga bisa membantu mengurangi lingkar pinggang, dibandingkan dengan meminum minuman kontrol yang mengandung kafein juga.

Kandungan flavonoid yang tinggi pada teh hitam menjadi alasan mengapa teh hitam memberikan efek penurunan berat badan. Orang yang minum teh hitam memiliki indeks massa tubuh yang lebih rendah.

Namun, penelitian ini hanya membahas hubungan antara indeks massa tubuh dan asupan flavonoid. Masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk memastikan manfaat teh hitam ini.

Baca juga : Minum Teh Hitam Dapat Membantu Menurunkan Berat Badan

3. Teh oolong

Menurut sejumlah penelitian, teh oolong dapat membantu meningkatkan penurunan berat badan dengan mempercepat metabolisme tubuh. Semakin cepat kerja metabolisme, maka proses pembakaran lemak meningkat.

Salah satu penelitian yang dilakukan pada 102 orang yang memiliki kelebihan berat badan dan diminta mengonsumsi teh oolong setiap hari selama enam minggu menunjukkan teh ini dapat membantu mengurangi berat badan serta memangkas lemak tubuh.

Baca juga : Kesalahan Minum Teh yang Persulit Penurunan Berat Badan

Halaman Berikutnya
Halaman:
Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com