Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Benarkah Tak Boleh Minum Susu Setelah Makan Ikan?

Kompas.com - 28/02/2018, 05:12 WIB
Wisnubrata

Editor

Sumber

KOMPAS.com - Banyak yang percaya kalau setelah makan ikan dilarang minum susu. Katanya, hal tersebut akan menyebabkan keracunan.

Bahkan, ada yang takut makan ikan dan minum susu sekaligus, karena tak ingin mengalami masalah kulit seperti gatal-gatal atau memerah.

Sebenarnya, apakah tidak boleh minum susu setelah makan ikan? Ataukah hal tersebut hanya sekadar mitos?

Pada dasarnya, susu dan ikan adalah sumber protein yang baik bagi tubuh. Protein sendiri dibutuhkan untuk memperbaiki dan membuat jaringan dan sel-sel baru, karena itu zat ini sangat penting.

Lantas, apa hubungannya minum susu dengan makan ikan? Apakah benar bisa menimbulkan gangguan kesehatan tertentu jika dikonsumsi bersamaan?

Sampai saat ini tidak ada bukti ilmiah yang membuktikan bahwa minum susu setelah makan ikan menimbulkan dampak yang buruk.

Justru sebaliknya, ada beberapa teori yang menyatakan bahwa keduanya bisa saling melengkapi sebagai sumber protein.

Bahkan ada banyak menu makanan yang berbahan dasar ikan sekaligus susu. Tak hanya rasanya yang enak dan lezat, kandungan nutrisinya jadi sangat kaya, penuh dengan protein, mineral, serta vitamin.

Jadi, tak perlu khawatir jika kamu baru saja makan ikan dan kemudian minum susu atau mengonsumsi menu makanan yang mengandung keduanya.

Sebenarnya, masalah kulit yang disebut bisa timbul akibat minum susu setelah makan ikan bisa saja terjadi jika seseorang memiliki alergi terhadap salah satu bahan makanan tersebut.

Jadi, pastikan kamu tidak memiliki alergi susu, intoleransi laktosa, atau alergi ikan. Hal ini yang kemudian menimbulkan berbagai gejala dan gangguan kulit.

Baca juga : Mari Kenali 9 Khasiat Hebat dari Daging Ikan Salmon

Selain itu, kamu harus memastikan juga kalau ikan yang dikonsumsi sudah matang dengan sempurna.

Terkadang, proses pengolahan yang tidak diperhatikan bisa membuat ikan kurang matang sempurna. Hal tersebut bisa membuat bakteri dan kuman penyakit yang ada pada ikan belum mati dan hilang sepenuhnya.

Pada dasarnya tidak akan muncul gangguan kesehatan apapun jika kamu mengonsumsi susu dan ikan dalam waktu yang bersamaan. Namun, yang harus diingat, susu dan ikan adalah sumber protein.

Kebiasaan minum susu setelah makan besar dengan lauk ikan kurang tepat. Hal itu akan membuat kamu sangat kenyang dan perut terasa penuh. Tentunya, hal ini akan menghambat aktivitas.

Jika memang mau minum susu, kamu bisa mengonsumsinya beberapa jam setelah atau sebelum makan.

Baca juga : Ternyata, Susu Baik untuk Hindarkan Keluarga dari Obesitas!

Lagipula, minum susu bukanlah suatu keharusan. Susu sama saja seperti sumber protein lainnya, jadi jika kamu sudah mengonsumsi lauk protein di setiap waktu makan, kamu tak harus minum susu lagi di hari itu.

Susu bisa kamu andalkan sebagai pengganti sumber protein, misalnya ketika sarapan ingin makan sereal dan menggunakan susu sebagai proteinnya. Kebanyakan susu juga punya kandungan lemak serta gula, yang tak disadari bisa membuat berat badan naik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com