Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Terlalu Fokus dengan Berapa Berat Badan Kamu…

Kompas.com - 06/04/2018, 10:26 WIB
Kahfi Dirga Cahya,
Wisnubrata

Tim Redaksi

Sumber

KOMPAS.com - Apakah selama ini kamu fokus dengan berat badan untuk mendapatkan tubuh ‘sempurna’? Kalau iya, kamu bisa mencoba cara lain, karena tak perlu fokus soal berat badan untuk mendapatkan tubuh ideal.

Dikutip dari Men’s Health, tagar #ScrewTheScale kini tengah populer, dan berisi unggahan foto-foto transformasi tubuh-positif yang  membuktikan bahwa angka berat badan tidak terlalu penting, seperti yang dipikirkan banyak orang.

Coba cari tagar tersebut di Twitter dan Instagram, kamu akan menemukan banyak foto transformasi wanita dengan keterangan berat “sebelum” dan “sesudah” yang menyertainya. 

Berdasarkan penampilan, foto dengan berat lebih banyak justru memperlihatkan tubuh yang lebih langsing namun berotot. 

Ini artinya berat badan tidak selalu menunjukkan bentuk tubuh, apalagi bila yang satu berisi lemak, sedangkan lainnya adalah otot. Pasalnya otot lebih berat, namun ukurannya lebih kecil.

Hal ini memperlihatkan fenomena luar biasa tentang bagaimana makan sehat dan latihan kekuatan berdampak komposisi tubuh. Meskipun sebagian besar yang berpartisipasi adalah wanita, tapi prinsip kebugaran juga sama berlaku untuk pria. 

Baca juga : Bagaimana Membentuk Perut Six Pack?

Sebagian besar unggahan #ScrewTheScale membahas bagaimana mengangkat beban lebih berat dan benar-benar makan lebih sehat mengubah tampilan dan tubuh mereka sepenuhnya.

Banyak wanita yang terlalu fokus dengan berat badan mengaku membatasi kalori dan melakukan kardio berlebih justru membuat mereka lelah dan kecewa dengan hasilnya.

Selain itu, perempuan bukan satu-satunya yang mampu mengubah komposisi tubuh mereka, dan meninggalkan soal berat badan. 

Andre Crews, juara The Men’s Health Open mengatakan bagaimana dia mengubah berat 90,7 kg tubuh yang biasa menjadi lebih berotot, tapi dengan berat badan yang sama.

Pelajari apa yang mereka lakukan untuk mencapai hasil tersebut

Ingin mengubah komposisi tubuh Anda? 

Langkah ke-1: Makan lebih sehat

Otot sangat dipengaruhi dengan bagaimana kita makan dan apa yang kita makan. Karena itu, nutrisi yang benar berperan penting baik dalam membangun otot.

Namun, entah tujuannya membangun otot, menghilangkan lemak tubuh, atau keduanya, ada banyak mitos nutrisi di luar sana yang perlu diwaspadai. Karena itu, makanlah makanan yang memang dianjurkan dan bernutrisi.

Baca juga : Kudapan Terbaik Untuk Latihan Otot Anda

Halaman:
Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com