Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 29/04/2018, 13:40 WIB
Nabilla Tashandra,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Dalam menggunakan make up, kita harus memastikan apakah produk, teknik dan alat yang kita gunakan tepat untuk menunjang penampilan kita.

Tak terkecuali concealer. Meski sejumlah orang menganggap pengaplikasian concealer adalah hal mudah, namun ternyata ada banyak hal yang perlu kita pertimbangkan.

Bisa jadi cara menggunakan concealer yang kita lakukan selama ini salah. Jadi, apa saja kesalahan umum banyak orang dalam memakai concealer?

1. Tak melakukan pengetesan

Dr. Debra Jaliman, dermatolog tersertifikasi dari New York sekaligus asisten profesor dermatologi di Ichan School of Medicine, mengatakan bahwa testing atau pengetesan harus kita lakukan saat hendak membeli concealer.

"Beberapa orang memiliki kulit yang sensitif atau kondisi khusus lainnya, seperti kulit berjerawat atau rocasea. Beberapa produk concealer bisa membuat kondisi tersebut semakin buruk," kata Jaliman kepada Popsugar.

2. Memilih warna yang salah

Jaliman menjelaskan, jika kita memilih shade atau warna yang terlalu terang, maka kita akan tampak seperti hantu dan membuat area yang ingin disamarkan menjadi lebih terlihat.

Sementara jika menggunakan shade yang terlalu gelap, kita tidak akan mendapatkan tujuan yang ingin dicapai.

"Warnanya akan lebih pigmented daripada bagian kulit lainnya," kata Jaliman.

Untuk bagian bawah mata, Jaliman menyarankan pemilihan warna concealer yang tidak lebih terang satu atau dua shade dari kulit kita. Sementara untuk wajah, pilihlah concealer yang senada dengan warna foundation.

3. Tidak memilih formula yang tepat

Setiap orang memiliki jenis kulit berbeda dan concealer yang dipilih harus sesuai.

Menurut Jaliman, tipe dan tekstur concealer yang berbeda-beda dimaksudkan agar bekerja pada jenis kulit tertentu.

Jika memiliki tipe kukit kering, kita seharusnya memilih concealer yang mampu menghidrasi kulit seperti concealer krim. Selain itu, jangan pernah memakai concealer matte karena akan membuat kulit tambah kering.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com