Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 29/06/2018, 11:11 WIB
Nabilla Tashandra,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kamu suka ramen? Sudah tahu kah jika makan ramen dianjurkan untuk diseruput?

Ya, menyantap ramen agar lebih nikmat memang disarankan untuk diseruput. Cara makan ini diadaptasi dari cara makan ramen di Jepang, yang disebut Zuzutto.

Zuzutto dianggap sebagai kunci dalam makan ramen agar kenikmatan yang dirasakan lebih maksimal.

Direktur Ippudo Ramen Indonesia, Amanda Sihombing menjelaskan, ketika menikmati ramen dengan cara tersebut kita akan merasakan ramen dan sup secara bersamaan.

Sehingga, kompleksitas rasa akan menyebar dalam mulut kita.

"Jadi, kalau makan mie biasanya kita ambil mienya, ditaruh di sendok lalu dicelupkan ke kuah baru kemudian dimakan. Seharusnya, kita ambil mienya diseruput. Bukan digigit," kata Amanda di gerai Ippudo Grand Indonesia Mall, Kamis (28/6/2018).

Untuk memaksimalkan kenikmatan Ippudo juga menyarankan agar ramen langsung disantap ketika baru disajikan dan masih panas.

Jadi, hati-hati jika ingin menyeruput ramen yang masih panas tersebut.

"Ippudo juga tidak menyarankan customer untuk take away karena memang lebih enak dimakan langsung di tempat saat panas. Walaupun kami juga menyediakan take away," tuturnya.

Baca juga: Ippudo, Restoran Ramen dengan Rasa Otentik Jepang

Direktur Ippudo Indonesia, Amanda Sihombing di gerai Ippudo Grand Indonesia Mall, Kamis (28/6/2018).KOMPAS.com/Nabilla Tashandra Direktur Ippudo Indonesia, Amanda Sihombing di gerai Ippudo Grand Indonesia Mall, Kamis (28/6/2018).
Sebelum menyantap ramen, aduklah ramen dan topping terlebih dahulu. Jika ingin rasa yang otentik, Amanda menyarankan untuk tidak menambahkan sambal.

Meski begitu, banyak masyarakat Indonesia yang terbiasa dengan rasa pedas dan menambahkan sambal pada masakannya. Sehingga menyantap ramen tanpa sambal mungkin sedikit hambar.

"Sebetulnya kalau mau otentik rasanya hindari menambahkan cabai. Ippudo sendiri menyediakan fresh garlic (bawang) dan wijen kering untuk melengkapi rasa ramen," kata dia.

Namun, kebiasaan masyarakat Indonesia yang gemar masakan pedas juga menjadi perhatian Ippudo. Amanda menambahkan, pelanggan tetap diperbolehkan menambah sambal jika memiliki selera masakan pedas.

Bahkan, Ippudo Indonesia meminta chef dari Jepang untuk meracik sambal yang sesuai dengan lidah orang Indonesia.

"Tentu bisa ditambahkan, kami minta Ippudo Jepang untuk develop sambal untuk Ippudo Indonesia," ucapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com