Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Waspada, Gejala Migrain yang Tak Biasa Bisa Jadi Tanda Penyakit Serius

Kompas.com - 15/11/2018, 08:25 WIB
Nabilla Tashandra,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Migrain adalah salah satu jenis sakit kepala yang sering dialami oleh banyak orang.

Beberapa orang yang sering mengalaminya sudah punya metode tersendiri untuk mengusir migrain. Namun, apa jadinya jika migrain yang dialami memberikan gejala yang berbeda?

Kamu yang sering mengalami migrain perlu berhati-hati. Sebab, jika gejala migrain yang dialami sudah berbeda dari yang biasa terjadi, hal itu bisa saja menjadi tanda munculnya penyakit yang lebih serius.

Apa saja tanda-tandanya?

1. Rasa sakit akut

Asisten profesor Neurolog dan Pediatrik di Univesity of Vanderbilt sekaligus penasehat di Remedy Review, Dr. Robert Carson, M.D. Ph.D. menjelaskan, migrain seringkali memiliki prodrome atau aura yang memberikan penderitanya sebuah peringatan atas hal buruk yang mungkin terjadi.

Ketika migrain yang kamu alami berbeda dari biasanya dan terjadi sakit kepala akut yang tak pernah terjadi sebelumnya, mungkin saja ada masalah kesehatan yang lebih serius. Misalnya, pecahnya pembuluh darah pada otak.

2. Migrain diiringi demam

Beberapa kasus sakit kepala atau migrain diikuti dengan demam, dan hal itu tidak boleh diabaikan.

"Karakter migrain yang berbeda dengan yang biasa kamu alami, seperti diiringi demam dan kram leher mungkin saja menjadi tanda meningitis," kata Carson.

Bakteri meningitis bisa saja fatal. Oleh karena itu, jika hal ini terjadi usahakan untuk melakukan pengecekan ke dokter.

3. Gejala syaraf yang tak pernah dialami sebelumnya

Jika kamu mengalami gejala-gejala terkait syaraf seperti urat-urat wajah yang melemah atau lengan yang melemah selama migrain terjadi, maka kamu harus segera memeriksakan diri ke dokter.

Carson mengatakan beberapa gejala seperti bagian wajah dan lengan yang melemah, hingga sulit bicara, bisa saja menjadi tanda awal penyakit stroke.

4. Sakit kepala hingga terbangun dari tidur

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com