Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/07/2020, 20:00 WIB
Nabilla Tashandra,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Memandikan bayi secara rutin tidak hanya penting untuk menjaga higienitas, tetapi juga untuk menenangkan mereka agar bisa tidur nyenyak.

Namun, pengalaman memandikan bayi berbeda bagi setiap orangtua. Beberapa bayi mungkin menyukainya, namun beberapa lainnya kerap menangis saat dimandikan.

Jika kamu mengalami pengalaman serupa, jangan panik. Coba kenali terlebih dahulu apa yang menyebabkan bayi menangis ketika dimandikan.

1. Temperatur air

Bayi lebih sensitif terhadap suhu dingin maupun panas. Jadi, pastikan suhu airnya tidak terlalu panas atau terlalu dingin.

Baca juga: Bagaimana Kehadiran Bayi Bisa Mengubah Kehidupanmu Menjadi Lebih Baik

Idealnya, kamu memandikan bayi dengan air suam-suam kuku karena suhu air yang tepat dapat menenangkan mereka dan menjadikan mandi momen yang menyenangkan.

2. Aliran air

Aliri air ke tubuh bayi secara perlahan. Jika kamu menggunakan bak mandi, letakkan bayi terlebih dahulu di dalamnya, lalu barulah secara perlahan menyirami tubuhnya dengan air.

Lakukan hal yang sama ketika membasuh rambut bayi.

3. Ada ruam atau luka

Jika bayi menangis saat dimandikan, cobalah periksa apakah ada ruam atau luka di tubuhnya yang memberi sensasi seperti terbakar jika kontak dengan sabun dan air.

Rasa terbakar tersebut bisa menimbulkan ketidaknyamanan pada bayi.

Kamu bisa mengobatinya dengan salep dan menghi dari penggunaan sabun di area yang ruam atau luka.

4. Lapar

Ingatlah untuk selalu memandikan bayi saat mereka kenyang dan cukup tidur. Jika bayi terlalu lelah atau lapar, dia menjadi tidak nyaman dan pada akhirnya menangis.

Baca juga: Bagaimana Menjaga Kesehatan Bayi dari Infeksi Virus dan Bakteri?

Beri jeda waktu 30-45 menit setelah mereka makan, lalu ajaklah untuk sesi mandi.

5. Patuh pada rutinitas

Penting untuk melatih anak menjalani rutinitas yang sama setiap harinya. Melakukan rutinitas sama setiap hari bisa membantu anak dan tubuh mereka lebih mudah menyesuaikan diri.

Misalnya, ketika anak tahu waktu tidur sudsh tiba, Anda akan lebih mudah mengajaknya tidur. Sama halnya dengan mengajaknya mandi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com